Ini Salah Satu Impian Besar Prof. Yusril Bila Kelak Pimpin Jakarta

yusrilEramuslim.com – Bakal calon Gubernur DKI Jakarta, Yusril Ihza Mahendra punya impian DKI Jakarta ke depan bukan hanya menjadi milik masyarakat ibukota. Tapi menjadi semacam kawasan khusus atau federal teritory seperti Kuala Lumpur, Malaysia. Sehingga benar-benar menjadi milik seluruh rakyat Indonesia, sebagai ibukota negara.

“Saya punya pemikiran panjang tentang DKI Jakarta. Mudah-mudahan terpilih, saya akan pimpin transisi Jakarta,” kata Yusril, Sabtu (27/2), seperti dilansir dariRMOLJakarta.Com.

Menurut pakar hukum tata negara, Jakarta penting diubah menjadi kawasan khusus seperti federal teritory, sehingga permasalahan-permasalahanya bisa dengan cepat diatasi. Karena itu nantinya, Jakarta akan dipimpin pejabat setingkat menteri.

“Jadi memudahkan koordinasi untuk masalah banjir dan kemacetan lalu lintas, pembangunan wilayah pemukiman ataupun mengatasi masalah ketenagakerjaan yang selama ini selalu susah dikerjakan, karena posisinya setingkat (dengan daerah lain yang ada di sekitar Jakarta),” ujar Yusril.

Jelas Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) ini, meski Jakarta akan dipimpin pejabat setingkat menteri, bukan berarti DPRD DKI Jakarta dihapus.

“Jangan khawatir, DPRD DKI bisa diintegrasikan ke DPR RI. Jadi ada komisi ibukota di DPR. Sementara untuk walikota dan bupati, tetap dan dipimpin menteri,” paparnya.

Yusril mengutarakan pendapatnya, karena selama ini penyebutan terhadap status Kota Jakarta, juga kontradiksi. Di satu sisi disebut ibukota negara, tapi di sisi lain disebut sebagai sebuah daerah.

“Kalau sudah ditetapkan sebagai ibukota, ya ibu kota. Harusnya yang disebut daerah itu, ya yang di luar wilayah itu. Ide besar ini lama saya pikirkan,” tukas Yusril.(ts/rmol)