“Ini Orang Ngaco” Ketua MUI Kritik Keras Mama Ghufron yang Klaim Video Call dengan Malaikat Maut

eramuslim.com – Abuya Mama Ghufron, penceramah asal Kabupaten Malang belakangan viral di media sosial. Sejumlah ceramahnya dinilai nyeleneh bahkan disebut menyimpang dari ajaran Islam.

Beberapa di antaranya, dia mengaku bisa bahasa semut dan Suryani. Bahkan, pria bernama Muhammad Abdul Ghufron itu mengaku telah melakukan video call dengan malaikat maut.

Videonya pun banyak beredar di sejumlah platform media sosial. Kontan saja, reaksi dari warganet pun mayoritas mengkritik dan gerah dengan kalimat nyeleneh penceramah tersebut.

Terbaru, Ketua MUI Pusat yang juga Rais Syuriyah PBNU, KH Cholil Nafis, ikutan gerah dengan isi ceramah Mama Gufron. Dia menilai, ceramah yang disampaikan Mama Gufron ngaco dan tidak jelas dari ajaran agama mana.

“Ini orang ngaco. Semua urusan jawabannya maqali, termasuk sabda Nabi saw.. Tak jelas ajaran apaan ini. Soal mati itu ttg keimanan dan amal perbuatan yg akan menjadi bekalnya. Yahh mana ada video call-an segala,” tulis dosen UIN Syarif Hidayatullah dan UI ini.

“Lihat video2nya banyak indikasi penyimpangan ajaran agama Islam,” tegasnya melalui cuitannya pada akun @cholilnafis di X, dikutip Kamis (4/7/2024).

Sementara itu Pengurus Ponpes UNIQ Nusantara, Ubad Aminullah mengatakan, sosok Abuya Mama Ghufron memiliki nama lahir Iyus Sugirman.

Dia menuturkan, kakek dari Abuya Mama Ghufron ini gugur ketika berperang melawan penjajah Belanda dan sekutunya di rel kereta api. Bahkan diklaim salah satu senjata kakek Abuya Ghufron terpampang di Museum Mandala Wangsit Siliwangi, Bandung.

“Abuya dari mulai kecil itu menurut pengakuan paman-pamannya yang ada di Bandung sendiri sudah ada kelihatan anehnya. Setelah sekolah SD nggak tamat, itu kabur dari rumah. Singkat cerita di umur 12 tahun beliau itu masuk ke (pondok pesantren) Cibuntu, di Pandeglang, Banten, di pondoknya Alhasaniah,” katanya dilansir dari inews.

 

(Sumber: Fajar)

Beri Komentar