Indonesia Sampaikan Dukungan Langsung pada Menlu Palestina

Pemerintah Indonesia akan menyampaikan dukungan moral secara langsung kepada Pemerintah Palestina melalui Menteri Luar Negeri Palestina Dr. Mahmud Zahar, saat berkunjung ke Indonesia pada 25-27 Mei 2006.

Demikian disampaikan Juru Bicara Departemen Luar Negeri Desra Percaya dalam jumpa pers, di Kantor Departemen Luar Negeri, Jakarta, akhir pekan kemarin.

"Dipastikan Menlu Palestina berkunjung ke Indonesia pada tanggal 25 Mei dan kembali pada 27 Mei mendatang,"jelasnya.

Menurutnya, dalam kunjungan tersebut pihak Indonesia dengan Palestina akan bertukar fikiran untuk mencari jalan keluar guna menyelesaikan situasi sulit yang dihadapi oleh Palestina, akibat kebijakan embargo ekonomi negara Amerika Serikat dan Eropa.

Mengenai utusan khusus Indonesia untuk bertolak ke Palestina, guna membantu penyelesaian perdamaian di Palestina sebagimana yang pernah disebutkan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono beberapa waktu lalu, Desra mengaku hingga saat ini pihak Departemen Luar Negeri belum mendapat petunjuk dari Presiden untuk melakukan tugas itu.

"Apakah hal itu akan menjadi pembicaraan pada saat kunjungan Menteri Luar Negeri Palestina, saya belum bisa memastikannya,"ujarnya.

Desra menegaskan, yang jelas sebelum kunjungan Menlu Palestina, Presiden SBY sudah berkali-kali menyampaikan kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas, dukungan dan peran serta Indonesia dalam proses terciptanya perdamaian di negara Palestina.(novel)