Indonesia-Palestina Akan Tanda Tangani Lima MoU

Menteri Sekretaris Negara Hatta Rajasa mengatakan, peran Indonesia sangat diharapkan dalam solusi perdamaian di Timur Tengah, khususnya menyangkut krisis yang terjadi Palestina.

"Palestina mengharap Indonesia sebagai negara muslim terbesar yang moderat, berperan besar terhadap perdamaian di Timur Tengah, khususnya Palestina, " katanya, di Jakarta Convention Center (JCC), Ahad malam.

Menurutnya, Salah satu agenda yang akan dibicarakan pada kunjungan kenegaraan itu adalah masalah upaya perdamaian di Palestina. Meski demikian, Hatta tidak merinci perundingan bilateral yang akan disepakati kedua negara, karena hal itu adalah tugas Departemen Luar Negeri

Seperti diketahui Ahad sore, Mahmud Abbas beserta rombongan mendarat di Lanud Halim Jakarta, dan dijadwalkan hari ini (22/10) pada pukul 10. 00 WIB Abbas diterima secara resmi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Istana Merdeka.

Usai upacara kenegaraan, Presiden Palestina dan rombongan akan melakukan pertemuan bilateral dengan pemerintah Indonesia yang dilanjutkan jamuan makan malam kenegaraan. Selain itu, usai mengadakan pertemuan bilateral, rencananya Mahmud Abbas akan melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, pada pukul 12. 40 WIB, serta melakukan kunjungan ke Gedung Parlemen Senayan, Jakarta.

Dalam pertemuan antara kedua pemimpin itu, akan ditandatangani lima Nota Kesepahaman, antara lain, MoU Konsultasi antara Pemerintah RI dan Palestina, MoUKerjasama Teknis Pembangunan SDM, MoU Kerjasama Pendidikan dan Pelatihan Diplomatik, MoU Kerjasama Pertukaran Berita, MoU Kerjasama Sister City antara Pemprov DKI dengan Pemerintah Ibukota Al-Quds As-Shareef. (novel)