Indonesia Minta Israel Hentikan Penggalian Masjid Al-Aqsha

Pemerintah Indonesia menyerukan agar Israel segera menghentikan penggalian di sekitar kompleks Masjid al-Aqsha.
Hal tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda dalam media briefing, di Departemen Luar Negeri, Jakarta, Jum’at (9/2).

"Kita ingin menyerukan agar Israel segera menghentikan penggalian kepurbakalaan di sana, " ujarnya.

Menurutnya, jika diteruskan dikhawatirkan di samping secara fisik dapat mengganggu bangunan masjid yang dimuliakan oleh umat Islam seluruh dunia, juga akan menimbulkan eskalasi ketegangan baru, serta dapat menyulitkan proses dialog damai antara Palestina dan Israel.

Dalam kesempatan itu menteri luar negeri menjelaskan, adanya sinyal positif saat bertemu dengan Kepala Biro Politik Hamas Khaled Meshaal pada 4 Februari lalu. Saat pertemuan, menurut Hassan, Meshaal menyampaikan harapannya agar pertemuan di Makkah tidak lagi menemui kegagalan.

"Kita mendengar berita yang positif tentang kesepakatan kearah pembentukan pemerintahan bersama, di mana akan duduk anggota kabinet baik dari Hamas, Fatah dan kelompok independen, satu langkah maju sedang dibicarakan siapa yang nantinya akan duduk menjadi Menteri Keamanan, karena ini yang paling kontroversial, " jelas Hassan.
(novel)