Indonesia Kena Serangan Israel di Lebanon, Begini Reaksi Sekjen PBB

eramuslim.com – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres, menyampaikan rasa solidaritasnya kepada Indonesia menyusul serangan Israel terhadap markas Pasukan Sementara PBB di Lebanon (UNIFIL) yang berlokasi di Naqoura, Lebanon. Dalam insiden tersebut, dua prajurit TNI yang tengah bertugas sebagai pasukan perdamaian terluka.

Dalam pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-PBB ke-14 di Vientiane, Laos, Jumat, 13 Oktober 2024, Guterres secara langsung menyampaikan dukungan penuh kepada Indonesia.

“Izinkan saya menyampaikan solidaritas total saya untuk delegasi Indonesia. Dua penjaga perdamaian Indonesia yang bertugas di Lebanon cedera akibat tembakan Israel,” ucap Guterres.

Dukungan untuk Rakyat Indonesia

Selain menyampaikan dukungan kepada pemerintah Indonesia, Guterres juga menyampaikan simpati yang mendalam kepada rakyat Indonesia atas peristiwa tersebut.

“Kami bersama Anda dan rakyat Indonesia pada masa-masa sulit ini,” ujarnya.

Pernyataan Guterres ini menggarisbawahi dukungan moral yang diberikan oleh PBB kepada negara-negara yang menjadi bagian dari misi perdamaian, terutama Indonesia yang telah lama terlibat dalam berbagai misi internasional PBB. Prajurit TNI yang tergabung dalam UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon) merupakan bagian dari upaya menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan konflik yang berkepanjangan.

Serangan terhadap pasukan perdamaian PBB ini meningkatkan keprihatinan global terkait situasi keamanan di Timur Tengah, khususnya di Lebanon dan Gaza, yang sedang memanas akibat konflik Israel dengan kelompok Hamas.

 

(Sumber selengkapnya: Terkini)

Beri Komentar