Indonesia Harus Berperan Maksimal Mencegah Meluasnya Serangan Israel ke Iran

Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB harus mengambil peran maksimal dalam mencegah serangan Israel ke Iran. Demikian pernyataan Ketua MPRRI Hidayat Nurwahid kepada wartawan, di Gedung DPR Jakarta, Selasa(9/01).

"Indonesia bisa berperan maksimal untuk menegaskan pada dunia, saatnya sekarang Israelharus dihukum, "tukasnya.

Menurutnya, PBB selama ini tidak memberikan sanksi militer yang jelas terhadap Israel yang nyata-nyata telah melakukan kejahatan kemanusiaan dan kejahatan internasional, dengan berbagai senjata nuklir yang dimilikinya menyerang negara-negara berdaulat.

Lebih lanjut hidayat menegaskan, Dewan Keamanan PBB seharusnya mengeluarkan resolusi hukuman yang lebih tegas terhadap Israel, seperti yang diberikan negara Iran.

"Semakin layak DK PBB membuat resolusi untuk menghukum Israel lebih keras dari pada yang diberikan kepada Iran, "tandasnya.

Ia berharap, peran yang dimainkan Indonesia di PBB dapat menghadirkan suasana yang damai di Timur Tengah, serta mengoreksi cara pandang yang ‘menganakemaskan‘ Israel, dengan memberikan keleluasaan kepada Israel melakukan pengayaan uranium untuk menyerang negara lain.(novel)