Indonesia Duduki Peringkat Tertinggi di ASEAN Dalam Pengangguran

Eramuslim.com – Tingkat pengangguran di Indonesia sebagai yang tertinggi di antara enam negara anggota ASEAN lainnya pada April 2024, demikian menurut catatan Dana Moneter Internasional (IMF).

Tingkat pengangguran di Indonesia tercatat sebesar 5,2 persen, sedikit lebih tinggi 0,1 persen dari Filipina.

Setelah Indonesia dan Filipina, Brunei Darussalam tercatat memiliki tingkat pengangguran sebesar 4,9 persen. Ini diikuti oleh Malaysia dengan 3,5 persen, Vietnam dengan 2,1 persen, dan Singapura dengan 1,9 persen.

Sementara itu, Thailand menempati posisi ketujuh di Asia Tenggara dengan tingkat pengangguran yang rendah. Berdasarkan data dari IMF, tingkat pengangguran di Thailand adalah sekitar 1,1 persen pada bulan April 2024.

“Dibandingkan Februari 2023, penurunan TPT terjadi di hampir semua tingkat pendidikan dengan penurunan terbesar pada jenjang sekolah menengah pertama (SMP), yaitu sebesar 1,13 persen. Sementara lulusan sarjana terapan (D4), sarjana (S1), magister (S2), dan doktor (S3) mengalami kenaikan TPT sebesar 0,11 persen,” seperti dikutip dari Berita Resmi Statistik BPS Nomor 36/05/Th. XXVII tertanggal 6 Mei 2024.

Pelaksana Tugas Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti, menyatakan bahwa jumlah penduduk usia kerja per Februari 2024 mencapai 214 juta orang.

Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 2,41 juta orang jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2023. Penduduk usia kerja tersebut terbagi menjadi dua kategori, yaitu angkatan kerja dan bukan angkatan kerja.

“Jumlah angkatan kerja mencapai 149,38 juta orang atau bertambah 2,76 juta orang, yang kira-kira tumbuh 1,88 persen. Sementara kelompok bukan angkatan kerja mencapai 64,62 juta orang atau lebih rendah sekitar 0,35 juta orang, yang kira-kira turun sebesar 0,54 persen,” kata Amalia dilansir dalam konferensi pers yang ditayangkan di kanal YouTube BPS pada Senin (22/7/2024).

Seperti teori permintaan dan penawaran yang sederhana, rendahnya keinginan pengusaha untuk menciptakan lowongan pekerjaan merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan tingginya angka pengangguran di Indonesia.

Lebih lanjut BPS mengungkapkan bahwa tingkat pengangguran di kalangan lulusan SMK lebih tinggi dibandingkan dengan lulusan Diploma IV, S1, S2, dan S3.

Pemikiran bahwa kinerja seseorang meningkat seiring dengan tingkat pendidikan mereka masih dijunjung tinggi hingga saat ini.

Meskipun tidak sepenuhnya keliru, pandangan ini seringkali menghalangi peluang bagi individu yang memiliki keinginan kuat untuk bekerja keras dan membutuhkan pekerjaan.

Selain itu, persyaratan batas usia yang menjadi perhatian masyarakat saat ini turut mempengaruhi lowongan kerja, dengan banyaknya orang yang merasa terbebani oleh ketentuan tersebut.

Tidak ada opsi lain selain menambah jumlah lapangan kerja dan memperbaiki kualitas tenaga kerja yang ada.

Pemerintah bersama generasi yang akan datang perlu berinovasi dalam menciptakan lapangan kerja baru guna menampung angkatan kerja yang lebih besar di Indonesia. Kualitas tenaga kerja terbaik dari tanah air tidak seharusnya hanya dimanfaatkan di luar negeri.

(Hidayatullah)

Beri Komentar