IKN dan Jakarta Diusulkan Jadi Kota Kembar

eramuslim.com – Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN) diusulkan menjadi twin cities atau kota kembar, dengan keduanya berperan sebagai ibu kota Indonesia.

Utusan Khusus Presiden untuk Kerjasama Internasional Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Bambang Susantono, mengatakan usulan tersebut diajukan oleh Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (ASPI).

“Twin Cities. Itulah konsep yang diusulkan Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (@aspi.indonesia) terkait pembangunan IKN ke depannya, dan ‘dititipkan’ pada saya untuk dapat disampaikan ke pemerintah,” kata Bambang dalam unggahan di Instagram, Sabtu (13/10).

Bambang berujar ada empat skenario yang dirancang agar Jakarta dan IKN bisa berbagi fungsi dalam jangka pendek. Seluruh skenario, kata dia, bertujuan agar proses pembangunan IKN dapat diarahkan kembali supaya sesuai dengan visi dan misi semula.

“Sesuai dengan skenario yang nantinya dipilih, salah satu kota dapat berperan sebagai ibukota secara legal (de jure), sedangkan kota lainnya menjalankan kegiatan administrasi pemerintahan nasional (de facto), dan masing-masing kota didesain untuk melaksanakan fungsi utama tertentu,” ucap Bambang.

Usulan ini diharapkan bisa membantu mengelola tahap transisi saat ini dengan lebih efektif. Bambang pun berterima kasih kepada ASPI karena telah mengajukan usulan tersebut.

“Saya berterima kasih pada ASPI atas masukannya. Sebagai organisasi akademik beranggotakan 100 program perencanaan wilayah dan kota di 74 universitas dari Sabang sampai Merauke, ASPI memiliki kualifikasi dan kemampuan untuk urun rembug secara aktif dalam pembangunan ibukota bersama ini. InsyaAllah pesan ini akan saya sampaikan pada pemerintah saat ini dan yang mendatang, sebagai wujud kerja sama untuk melahirkan sebuah ibu kota berkelanjutan bagi rakyat,” ujar Bambang.

Pada Jumat (11/10), Bambang menyampaikan bahwa usulan ini tercipta karena belum adanya kejelasan mengenai keputusan presiden (Keppres) tentang pemindahan IKN serta terkait kecukupan anggaran pembangunan IKN saat ini.

Ia berujar IKN dan Jakarta bisa menjadi kota kembar sampai Keppres diteken dan anggaran pembangunan IKN cukup.

Menurut mantan Kepala Otoritas IKN tersebut, IKN saat ini belum terlihat akan difungsikan menjadi kota seperti apa untuk beberapa tahun ke depan. Sebab hingga kini Keppres belum ditandatangani.

“Karena memang kalau saya lihat tadi, pada kurun waktu hingga lima tahun depan tentu akan terjadi satu perkembangan yang gradual (bertahap). Saya kira enggak langsung gitu kan, saya kira akan ada gradual yang terjadi,” ujar Bambang, seperti dikutip detik.com.

 

(Sumber: Cnnindonesia)

Beri Komentar