HNW Tegaskan Pernyataan JK Soal Speaker di Tolikara Tidak Bisa Dibenarkan

hidayat nur wahidEramuslim.com – Semakin banyak saja orang yang tak sependapat dengan pernyataan JK terkait penyerangan jamaah sholat Ied dan pembakaran masjid di Papua penyebabnya adalah speaker.

Kali ini Wakil Ketua MPR Republik Indonesia, Hidayat Nur Wahid angkat bicara dengan menyatakan tidak setuju atas pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait suara speaker yang menjadi pemicu insiden pembakaran masjid di Tolikara, Papua saat berlangsung Salat Ied.

“Saya tidak setuju dengan pernyataan Pak Jusuf Kalla yang mengatakan insiden ini terjadi karena speaker,” kata Hidayat Nur Wahid di Jakarta (18/7).

Menurutnya penyerangan di Tolikara tidak terjadi secara eksidentil karena sudah ada surat pelarangan yang beredar sejak 13 Juli 2015. Ia menilai pengeluaran surat oleh oknum pelaku penyerangan tersebut merupakan bentuk teror dan provokasi terhadap kaum minoritas di Papua.

“Sebelum ada speaker sudah beredar surat larangan yang beredar sejak tanggal 13 Juli. Ini adalah bentuk persiapan provokasi,” ujarnya.

Lebih lanjut Hidayat juga mendukung pernyataan dari Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin yang meminta aparat yang berwenang agar mengusut tuntas kejadian yang ia anggap merusak kerukunan umat beragama.(rz)