HMI Unismuh Makassar Gelar Unjuk Rasa Tuntut JK Dilengserkan

hmi-unismuh-di-makassar-demo-minta-jk-turun-takhta
sumber: merdeka.com

Eramuslim.com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) komisariat Universitas Muhammadiyah (Unismuh) turun aksi sore ini, Sabtu, (2/1) di depan kampusnya di Jalan Alauddin, perbatasan Kota Makassar dan Kabupaten Gowa. Mereka menyerukan agar mandat Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla segera dicabut.

HMI menilai, Jusuf Kalla atau JK ini diduga kuat terindikasi terlibat sejumlah kasus yang belakangan membuat gaduh seperti kasus PT Freeport dan kasus PT Pelindo.

Mahasiswa ini memulai aksinya sejak pukul 15.00 Wita. Mereka membentangkan spanduk besar berisi tulisan berbunyi Tuntaskan kasus Freeport dan turunkan JK. Mereka juga membawa sejumlah pamflet yang memuat tulisan Cabut mandat Wapres JK sumber kegaduhan, Usut tuntas kasus korupsi yang melibatkan JK, Kuatkan KPK dan berantas mafia energi.

Aksi ini dikawal anggota kepolisian dari Polsek Rappocini. Aksi mahasiswa ini mengambil sebagian badan jalan membuat arus lalu lintas sedikit melambat.

“Jusuf Kalla harus turun dari jabatannya. Kepada penegak hukum baik Kejaksaan, Kepolisian dan KPK agar mengusut tuntas kasus PT Freeport, PT Pelindo dan kasus-kasus lain yang merugikan negara,” seru Ardi salah seorang orator dalam aksi itu.

Setelah bergantian orasi, pernyataan sikap yang memuat tuntutan mereka dibagikan kepada para pengguna jalan. Mahasiswa ini kemudian mengakhiri aksinya.

“Malam ini kami akan konsolidasi. Dan Senin lusa kami akan turun lagi dengan jumlah mahasiswa yang lebih banyak lagi,” ancam Akbar, koordinator aksi itu.(ts/merdeka)