Heboh GP Ansor Bubarkan Kajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah, Dirinya Beri Pesan Ini ke Jamaah

eramuslim.com – Kajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah di Masjid Assalam, di Subaraya, Kamis, 22 Februari 2023, dibubarkan organisasi masyarakat (ormas) Gerakan Pemuda (GP) Ansor.

Masjid Assalam yang sudah penuh dengan jamaah yang menanti Kajian Ustaz Syafiq Basalamah didatangi GP Ansor dengan tuntutan agar acara itu dibatalkan.

Dari berbagai video yang beredar di media sosial, sekelompok anggota GP Ansor dengan atribut lengkap memaksa masuk ke dalam masjid lokasi Kajian Ustaz Syafiq Basalamah.

Jamaah meminta GP Ansor tidak masuk ke dalam masjid, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dengan masyarakat yang sudah masuk untuk mengikuti kajian. Aksi dorong pun terjadi antara jamaah dan rombongan GP Anshor.

Kajian pun terpaksa dibatalkan. GP Ansor Kecamatan Gunung Anyar, Kota Surabaya telah mengeluarkan surat edaran keberatan atas kajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah yang menurut mereka bersifat provokatif dan adu domba.

Surat itu juga diunggah Ustaz Syafiq di akun Instagram. Dalam surat itu tertulis Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor das Satuan Koordinasi Rayon Banser Gunung Anyar Kota Surabaya keberatan atas kehadiran sang penceramah itu.

Surat yang ditandatangani Ketua M Asyiqun Nahdlil dan Sekretaris Awin Musyarifin itu juga tertulis bahwa ceramah Ustaz Syafiq Riza Basalamah dianggap cenderung menimbulkan ujaran kebencian dan dapat memecah belah kerukunan umat Islam khususnya di wilayah Kecamatan Gunung Anyar.

“Qoddarullah kajian dibatalkan, semoga Allah menjaga kita semua,” tulis Ustaz Syafiq dalam caption postingannya.

Dalam video yang diposting di akun Instagram @syafiqrizabasalamah_official, beliau menjelaskan sejatinya sudah mempersiapkan diri mengisi kajian yang akan dimulai selepas magrib itu.

Dia meminta maaf kajian berjalan tidak sesuai yang direncanakan dan dirinya tak sempat masuk ke masjid.

“Assalamualaikum warahmatulllah wabarakatuh, jamaah rahimakumullah, buat teman-teman yang sudah hadir di Masjid Assalam, ana berangkat tadi jam 1 sudah nyampe sebelum maghrib dengan harapan bisa isi kajian tapi ternyata takdir Allah berkata lain,” jelasnya.

“Maka ana mohon maaf atas ketidaknyamaan ini teman-teman semuanya,” ujarnya.

Namun, dia menyemangati dan mendoakan jamaah yang sudah hadir, bahwa tiap langkah dan lelah atas upaya hadir ke kajian berbuah pahala.

“InsyaAllah dan semoga diangkat derajat antum dan diantarkan ke surganya Allah , insyaAllah kita ketemu lain waktu,” ungkapnya.

Dia juga mendoakan agar anggota GP Ansor yang melakukan pembubaran kajian agar diberikan hidayah.

“Semoga Allah berikan hidayah kepada teman-temnan kita yang masih mungkin belum paham. Berbaik sangka kepada mereka,” jelas Ustaz Syafiq Riza Basalamah.

 

(Sumber: Pojoksatu)

Beri Komentar