Hargai Kemerdekaan RI, Jamaah An-Nadzir Tunda Shalat Ied Jumat Ini

Hargai Kemerdekaan RI, Jamaah An-Nadzir Tunda Shalat Ied Jumat Ini

Jamaah An-Nadzir Mawang, kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, sedianya sudah menunaikan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1433 Hijriah pada Jumat (17/8) hari ini. Namun, karena bertepatan dengan hari kemerdekaan RI, maka shalat ditunda hingga Sabtu besok (18/8).

“Kami menghargai Kemerdekaan bangsa ini, dan untuk menghormati dan menghargai para syuhada,” kata Ustad Lukman juru bicara jamaah An-Nadzir saat dihubungi INILAH.COM, Kamis kemarin (16/8).

Menurut dia, keputusan untuk shalat Ied pada Sabtu besok berdasarkan Hadits. “Pada zaman Rasulullah memberikan pernyataan anjuran dan perintah, apabila shalat Hari Raya Idul Fitri bertepatan dengan hari besar Yahudi, maka harus menunda,” kata dia.

“Karena itu pula, pada Jumat besok shalat Ied ditunda untuk menghargai para pejuang. Saat ini bukan lagi hari besar orang Yahudi tapi kemerdekaan dan menjadi suatu kesyukuran bagi kami jamaah An-Nadzir,” ucapnya.

Jamaah An-Nadzir Kabupaten Gowa yang mendiami satu kampung di Mawang, juga mengawali puasa lebih awal dari hari yang ditetapkan oleh pemerintah pada Kamis (19/8).(fq/inilah)