Gus Umar: Jika Ada Bom, Islam Selalu Dihina dengan Ucapan Buruk

eramuslim.com –  Tokoh Nahdatul Ulama (NU), Umar Sadat Hasibuan alias Gus Umar menilai, saat ini banyak yang memberikan stigma negatif terhadap Agama Islam pasca terjadinya bom bunuh diri di Gereja Katerdal Kota Makassara pada Ahad (29/3) kemarin.

Padahal Islam itu, rahmat bagi semesta. Negara-negara barat yang selalu memberikan cap buruk terhadap Islam.

“Islam itu Rahmatan Lil ‘alamin. Baratlah yang bikin Islam radikal, Islam fundamentalis dan stigma negatif lainnya untuk Agama Islam,” ujar Gus Umar di akun Twitter-nya, Senin (29/3).

Gus Umar mengatakan, jika terjadi aksi bom, dan yang melakukan pengeboman adalah orang Islam, maka ummat Islam jadi sasaran hinaan dengan ucapan buruk.

“Selalu jika ada bom bunuh diri maka agama Islam selalu jadi tersangka utamanya. Bahkan banyak juga orang Islam yang hina Islam dengan ucapan buruk tentang Islam,” katanya.

Meski demikian, Gus Umar mengatakan bahwa kekerasan dalam bentuk apapun tidak dibenarkan. Gus Umar juga mengutuk aksi pengeboman itu.

“Kekerasan atas nama apapun tak boleh dilakukan apalagi atas nama Agama. Untuk mereka yang terluka krn bom bunuh diri semoga cepat pulih kembali,” ujarnya. (fin)