Gus Dur: Presiden SBY Takut Tekanan George W. Bush

Buntut dukungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terhadap sanksi pada Iran terkait program nuklirnya, diprotes keras mantan Presiden KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

“Saya mendukung hak interpelasi DPR menyangkut sikap SBY yang mendukung sanksi PBB terhadap Iran, karena selama ini beliau dan kita mendukung penuh secara moral program nuklir Iran untuk damai itu. Sikap SBY ini menunjukkan beliau takut sama doro (tuan), George W. Bush, ” ujar Gus Dur kepada wartawan di Gedung PBNU Jl. Kramat Raya 164 Jakarta pada Selasa (27/3) seusai menerima pimpinan F-KB MPR RI.

Menurut mantan Ketua Umum PBNU itu, hak interpelasi DPR itu bisa berbuah impeachment jika terbukti melanggar undang-undang. Apalagi politik luar negeri kita adalah bebas aktif. Karenanya, Gus Dur mempersilakan DPR melanjutkan hak interpelasi.

Terkait hak interpelasi DPR mengenai masalahtersebut, anggota Komisi I DPR Effendy Choirie menyatakan, sudah ditandatangani oleh sekitar 74 anggota DPR dan jumlahnya akan terus bertambah.

“Yang jelas jika dalam hak interpelasi itu nanti terbukti SBY melanggar UU, maka bisa berlanjut ke impeachment, ” tutur Gus Coi sapaan akrab Ketua DPP PKB ini yakin. "

Wakil Ketua DPR Soetardjo Soerjogoeritno yang akrab disapa Mbah tardjo juga mendukung langkah DPR. Ia juga sependapat jika salah satu teguran terbaik untuk pemerintah dalam situasi seperti sekarang ini, termasuk dukungannya terhadap sanksi PBB untuk Iran, adalah impeachment. “Presiden kita sekarang ini memang penakut dan plin-plan, " tandas dia. (dina)