Gibran Dinilai Tak Beretika saat Debat Cawapres, Begini Respon Bobby

eramuslim.com – Jubir TPN Ganjar-Mahfud, Achmad Baidowi atau Awiek, menyinggung etika soal gestur yang diperlihatkan cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabumimg Raka saat menanggapi jawaban Mahfud Md. Wali Kota Medan Bobby Nasution membela Gibran.

Bobby merasa heran sebab selama ini pasangan Prabowo-Gibran disebut hanya diam saja ketika diserang. Namun, saat bertanya, kata Bobby, pihaknya dianggap tidak beretika.

“Giliran kita nanya dibilang nggak etika, nggak sopan, giliran kita diserang kita diam-diam aja dibilangnya,” kata Bobby Nasution di Medan, Senin (22/1/2024).

Menurut Bobby, hal seperti itu merupakan biasa saat debat. Dia menuturkan jika ingin santai bukan debat, tapi silaturahmi.

“Namanya debat kalau mau santai-santai silaturahmi namanya ya,” tutupnya.

Jubir Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Achmad Baidowi atau Awiek, menyoroti gestur yang diperlihatkan cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabumimg Raka saat menanggapi jawaban Mahfud Md. Awiek menilai setiap perhelatan debat ada etikanya.

“Ya semalam kan kita dipertontonkan debat yang bagaimana debat yang berkualitas dan bagaimana debat yang tidak berkualitas, debat yang beretika dan mana debat yang tidak beretika,” kata Awiek kepada wartawan, Senin (22/1/2024).

Awiek mengatakan jika pasangan calon lain memberikan gimmick, maka Mahfud tak salah membalasnya dengan hal yang sama. Ia menyinggung penjelasan dari Gibran soal inflasi hijau yang kurang tepat.

“Ya kan Pak Mahfud itu profesor ilmu hukum, hukum tata negara, jadi kalau ada bahasa terkesan meremehkan secara pribadi dan gimmick-gimmick, ya gimmick Pak Mahfud menjawab dengan gimmick juga karena memang yang disampaikan itu, yang disampaikan Mas Gibran tidak sesuai dengan maksudnya,” ucap Awiek.

Awiek lantas menyoroti terkait gestur Gibran yang seolah meneropong lantaran tak menemukan jawaban dari Mahfud. Awiek menyebut dalam debat ada etikanya.

“Kemudian Pak Gibran dengan gimmick-gimmick begitu, ya dibalas dengan Mahfud dengan gimmick-gimmick. Karena sebaiknya sih debat-debat itu lebih pada perangkat dasar bukan mempermainkan niche istilahnya, ya anak muda kan,” kata Awiek.

“Selain anak muda kan juga harus menjunjung etika lah karena debat itu ada etikanya dalam pergaulan sehari-hari berpolitik karena kadang kepandaian kita, kepintaran kita, intelektual kita, kadang kemampuan kita hilang gara-gara kita nggak punya attitude atau attitude kita yang kurang,” sambungnya.

Awiek mengatakan pernyataan ‘profesor’ yang disematkan Gibran saat menjelaskan green inflation kurang tepat. Ia menyebut bisa saja Mahfud bertanya balik dengan gagasan Trisakti Bung Karno.

“Saya nggak perlu jelaskan karena Pak Mahfud itu kan profesor, itukan nggak tepat juga bahasa seperti itu, kan bisa saja Pak Mahfud ngomong ‘Saya nggak perlu ngomong Trisakti Bung Karno karena Mas Gibran pernah di PDIP’,” ucap Ketua DPP PPP ini.

 

(Sumber: Detik)

Beri Komentar