Gempa Susulan Masih Terasa Sampai Malam, Presiden Akan Kunjungi Korban

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari ini, Rabu (7/3) rencananya akan mengunjungi para korban gempa bumi di Sumatera Barat. Dan sampai pukul 23.00 wib, dilaporkan masih terjadi gempa-gempa kecil.

Kantor berita Antara menyebutkan, Presiden dan rombongan akan berkunjung selama dua hari, hari pertama ke kota Padang dan hari kedua ke kota Solok.

Sebelumnya, Presiden sudah menyampaikan belasungkawa pada para korban gempa dan menginstruksikan jajarannya untuk memberikan bantuan, penyelamatan dan evakuasi.

Gempa yang terjadi di wilayah Sumatera Barat sejak sekitar pukul 10. 49 WIB, Selasa(6/3) masih dirasakan getarannya kembali sampai pukul 23.00 wib walaupun intensitasnya sudah melemah.

Salah satu Pegawai BPS Padang Rita Yuliana mengaku, gempa yang dirasakan sekitar 11. 00 siang telah membuat panik seluruh karyawan yang sedang bekerja, sehingga berlarian keluar gedung yang berlokasi di Jalan Chatib Sulaiman, Padang itu untuk menyelematkan diri dari reruntuhan bangunan.

Ia menceritakan akibat gempa tersebut aliran listrik padam seketika pada saat gempa pertama terjadi, kemudian ada gempa susulan yang terasa cukup besar sekitar pukul 13. 00.

"Pokoknya kita semua dikantor panik deh, kayak digoyang-goyangin ayunan, anak sekolah saja sampai pada dipulangin, Pak Walikota langsung mengeluarkan himbauan, " tuturnya saat dihubungi eramuslim, di Jakarta, Selasa (6/3).

Rita mengatakan, untuk mencegah gempa susulan terjadi warga yang tinggal di Kota Padang dan sekitarnya memilih berada diluar rumah untuk mengaman diri dari kemungkinan reruntuhan bangunan

Saluran komunikasi ke Sumatera Barat pada pukul 17. 00 mulai terganggu akibat gempa yang berpusat di daerah Batusangkar itu.

Korban meninggal dunia akibat gempa di Sumatera Barat saat ini mencapai 80 orang lebih orang, sementara puluhan orang lainnya luka-luka. (novel)