Ganjar dan Prabowo Tak Perlu Rebutan Endorse Jokowi: Belum Tentu Menang

Dear Ganjar dan Prabowo, Jangan Rebutan Endorse Jokowi: Belum Tentu Menang

Eramuslim.com – Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto disebut-sebut sebagai dua calon yang sering di-endorse Presiden Joko Widodo. Namun, pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul M Jamiluddin Ritonga mengingatkan agar dua politisi itu tidak rebutan.

Endorse Jokowi dinilai jadi salah satu faktor penting pendongkrak elektabilitas.

“Dua poros itu terkesan yakin, endorse dari Jokowi akan meningkatkan elektabilitas capres yang diusung secara signifikan,” kata Jammiluddin.

Jamiluddin menilai PDIP dan koalisi KKIR memiliki keyakinan bahwa kinerja Jokowi masih kuat di mata masyarakat.

“Ketika masyarkat masih menyenangi Jokowi, tentunya ia layak menjadi endorse. Sebagian masyarakat akan mengikuti arahan Jokowi termasuk dalam memilih capres,” jelas Jamiluddin.

Apalagi pendukung Jokowi juga masih terbilang militan berupa relawan-relawan yang masih setia.

“Hal itu didukung pula oleh masih banyaknya relawan yang masih setia kepada Jokowi. Para relawan ini diharapkan akan mengarahkan suaranya sesuai sosok capres yang di-endorse Jokowi,” lanjut Jamiluddin.

Kendati memegang kunci di-endorse Jokowi, namun Ganjar dan Prabowo disarankan Jamiluddin jangan terlalu santai. Pasalnya, hasil survei Litbang Kompas menunjukkan hasil bahwa endorse Jokowi tidak terlalu berpengaruh secara signifikan.

“Temuan Litbang Kompas itu setidaknya mengindikasikan endorse Jokowi kepada capres tertentu tidak akan berpengaruh signifikan dalam meningkatkan elektabilitasnya. Kalau pun terjadi kenaikan, hal itu tidak akan menjadi penentu kemenangan capres tersebut,” terangnya,

“Jadi poros PDIP dan KKIR seyogyanya tidak perlu terlalu yakin endorse Jokowi akan membawa kemenangan,” pungkas Jamiluddin.

Sumber: suara

Beri Komentar

1 komentar

  1. Tanya sama akar rumput dibawah.. Apa mereka puas dg kinerja jokowi..? Pengalaman saya setiap ngobrol dg banyak kalangan, rata2 pada kecewa, dan kapok. Malah pengen cepat lengser.