Fadli Zon: Ngapain Bela Negara, Urus Asap Saja Gak Bisa

fadli-zonEramuslim.com – Wacana rekrut kader bela negara kembali muncul di tengah publik. Ide tersebut baru dirilis Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu. Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan, pendidikan bela negara bukanlah ide baru di Indonesia. Menurutnya, di tengah situasi ekonomi saat ini, pendidikan bela negara belum jadi kebutuhan pokok bagi Indonesia.
“Saya kira yang jadi prioritas saat ini adalah ekonomi. Bagaimana memperbaiki kehidupan ekonomi masyarakat yang sekarang ini semakin susah,” kata Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta (13/10).
Lebih lanjut, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu mengatakan, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertahanan (Kemenhan) perlu berhitung matang terkait anggaran, kurikulum hingga output yang hendak dicapai dalam pendidikan bela negara ini.
Meski memberi peluang pendidikan bela negara dapat dilaksanakan saat kondisi ekonomi Indonesia membaik, namun Fadli kembali menyindir program tersebut tidak tepat. Alasannya, selama ini Indonesia tidak memiliki musuh baik di dalam maupun dari luar.
“Saya kira sekarang enggak ada urgensinya bela negara. Mau membela dari apa? Ngurusin asap saja kita enggak bisa,” cetus Fadli.(ts)