Evaluasi Nasional Penyelenggaraan Haji 1428H Dilaksanakan Hari Ini

Departemen Agama (Depag) akan melakukan evaluasi nasional atas pelaksanaan ibadah haji 2007mulai hari ini, Selasa(19/2). Evaluasi nasional akan dihadiri sekitar 160 peserta dari departemen yang ikut terlibat dalam penyelenggaraan haji. Hal tersebut dikatakan Direktur Pengelolaan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dan Sistem Informasi Haji (SIH) Depag Abdul Ghafur Djawahir, di Jakarta.

Menurutnya, selain membahas evaluasi haji 2007, akan dikeluarkan rekomendasi pemerintah untuk pelaksanaan haji 2008."Evaluasi nasional akan membahas berbagai permasalahan haji meliputi perumahan, katering, transportasi, anggaran, dan yang lainnya. Semua hal kita bahas, termasuk hal yang ramai kemarin seperti perumahan, ”jelasnya.

Departemen terkait yang akan terlibat adalah Departemen Perhubungan (Dephub), Departemen Kesehatan (Depkes), Departemen Dalam Negeri (Depdagri), duta besar Indonesia di Arab Saudi, gubernur dari 13 embarkasi di seluruh Indonesia, Ketua Tim Pengawas Haji DPR, amirul haj, dan Komisi VIII DPR.

Dalamevaluasi nasional selama tiga hariitu lanjut Ghafur, setiap departemen terkait akan memberikan laporan pelaksanaan haji 2007 yang ditanganinya. Dim, ana penjelasan laporan ini langsung dilakukan para menteri, yakni Menkes Siti Fadilah Supari, Menhub Jusman Syafii Djamal, Mendagri Mardiyanto, dan Menag Maftuh Basyuni.

Sementara itu, Anggota Komisi VIII DPR Ahmad Farhan Hamid mengatakan, dalam evaluasi nasional, pemerintah harus memfokuskan diri pada tiga hal, yakni perumahan, transportasi, dan katering.

"Untuk perumahan, kami tetap mengusulkan tender terbuka internasional tetap dilakukan pemerintah. Sedangkan untuk katering, pemerintah harus mencari solusi agar waktu antre jamaah haji tidak terbuang banyak saat mengambil makanan prasmanan, "tandasnya. (novel)