Eks KSAU: Aneh, Untuk Apa Prabowo Borong Pesawat A400M Rp4,4 T?

Apalagi perkembangan teknologi pesawat sangat cepat belakangan. Akan tetapi, dia lebih berpendekatan pada SDM, penyiapan bengkel, serta efisiensi dan utilitasnya. Seharusnya, Prabowo bisa mempertimbangkan pesawat Hercules yang punya tipe yang sama dengan A400M, yakni tipe J.

“Kalau sekarang kita pakai tipe H, kan bisa lirik tipe J yang selevel dengan A400M. Walaupun kapasitas kargonya masih lebih besar A400M. Kalau kita beli Hercules tipe J, kita sudah miliki banyak teknisi, kru, dan banyak penerbang, instrukrur, baik untuk tactical mission. Jauh lebih efisien,” katanya.

 

Kemampuan A400M

 

Di satu sisi, pihak Airbus mengklaim kemampuan luar biasa pesawat angkut tersebut untuk TNI AU. Pesawat ini diklaim mampu mengangkut kargo besar dan berat seperti yang dilakukan jenis ini dalam beberapa kali misi asing di Tanah Air.

Kecanggihan lainnya, yakni pesawat ini mampu mengisi bahan bakar di udara baik untuk pesawat tempur maupun pesawat besar lainnya. Pesawat juga dirancang bisa beroperasi dengan fasilitas darat terbatas, bahkan tanpa landasan pacu.

A400M bisa diisi 16 pasukan lengkap dan 25 petugas medis dan sanggup menerjunkan penerjun payung dan kargo secara bersamaan.

Tak cuma itu, A400M juga mampu terbang rendah dan tinggi sehingga menjadi solusi ideal sebagai pesawat tanker dan angkut TNI AU. Dengan pembelian dua pesanan pesawat Prabowo, Indonesia pun kini masuk dalam 10 operator pesawat Airbus A400M. [hops]