Dukung Warsito Lanjutkan Risetnya, Netizen Buat Petisi Online

WARSITO-1Eramuslim.com – Netizen membuat petisi online di change.org untuk memberikan dukungan kepada ilmuwan Warsito P. Taruno, ilmuwan penemu teknologi ECVT dan ECCT yang dimanfaatkan untuk pengobatan kanker, untuk melanjutkan risetnya.

Alat ini merupakan sebuah sistem pemindai berbasis listrik statis. Sistem ini telah diaplilkasikan secara luas di dunia industri dan medis. Baru-baru ini, Warsito mengatakan izin risetnya dihentikan oleh lembaga pemerintah tertentu yang ternyata adalah Kementrian Kesehatan.

Adalah Tri Sunaryanto, yang tinggal di Yogyakarta membuat petisi tersebut. Petisi ini ditujukan kepada Jokowi, Kementrian Riset dan Kementrian Kesehatan. Dalam petisi yang dibuat, Rabu (2/12) sekitar pukul 10 ini, dia menuliskan dukungan ilmuwan penemu alat pembasmi kanker di Indonesia.

Dalam petisi online itu, terlampir surat terbuka yang ditulis oleh Warsito di akun Facebooknya mengenai pemberhentian riset tersebut. Warsito menuliskan mengenai teknologi ECVT dan ECCT yang dikembangkan berdasarkan prinsip fisika dan matematis.

Di negara lain, negara membantu dan bahkan turut mendanai putera-puteri terbaiknya untuk melakukan riset demi kemajuan bangsanya sendiri. Aneh bin konyol, di negeri ini ilmuwan yang melakukan riset dengan biaya dari kantongnya sendiri malah dilarang. Apakah negara ini sudah menjadi kaki tangan perusahaan farmasi atau alat kesehatan asing? (ts)