DPR Terima 43 Calon Anggota Komnas HAM

Ketua Komnas HAM Abdul Hakim Garuda Nusantara dan Ketua Panitia Independen seleksi calon Anggota Komnas HAM Hasballah M Saad menyerahkan 43 nama calon anggota Komnas HAM ke DPR dan diterima oleh Wakil Ketua DPR Zaenal Ma’arif, Selasa (1/5) di Gedung DPR/MPR RI Jakarta.

Namun, mereka enggan menyebut nama-nama calon tersebut. Menurut Abdul Hakim, 43 nama calon tersebut merupakan hasil seleksi dari 150 orang calon dan 70 nama calon yang memenuhi syarat.

Dan dari 43 calon itu nantinya dalam uji kelayakan dan kepatutan—fit and proper test DPR- hanya akan memilih 11 orang untuk diputuskan menjadi anggota Komnas HAM.

Nam-nama itu rencananya akan dibacakan pada paripurna DPR pada Senin (7/5) mendatang dan akan dibahas di Bamus DPR pada Kamis (10/5).

Selanjutnya Komisi III DPR akan mengagendakan fit and proper test pada 14 Mei. Fit and proper test akan dilakukan paling lambat dua pekan terhitung sejak nama-nama itu masuk ke Komisi III.

“Daftar nama calon itu diharapkan pada Senin 7 Mei nanti bisa dibacakan dalam paripuna DPR. Selanjutnya pada Kamis masuk ke Bamus DPR, dan diagendakan oleh Komisi III untuk melakukan fit and proper test, ” kata Ketua DPR Zainal Maarif. (dina)