Diwacanakan Jadi Dirut, Loyalis Anies Ungkit Janji Ahok sebagai Komisaris Utama Pertamina

Imbas Kebakaran Depo Plumpang, Kader PKB Minta Ahok dan ...

Eramuslim.com – Loyalis Anies Baswedan, Bachrum Achmadi, mengungkit janji mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat menjadi Komisaris Utama (Komut) PT. Pertamina.

Bachrum mengatakan janji Ahok ketika menjadi Komut Pertamina, yaitu akan memberantas mafia migas dari hulu sampai hilir, namun faktanya tidak terwujud, dan sekarang muncul wacana dirinya akan menjadi Direktur Utama (Dirut).

“Dulu katanya jika Ahok jadi Komut Pertamina, mafia migas akan dibasmi dari hulu sampe hilir. Faktanya nihil. Sekarang ada wacana Ahok jadi Dirut Pertamina. Pertanyaannya apa yang sudah dilakukan Ahok selama jadi Komut Pertamina?” ujarnya.

Terlebih pengangkatan Ahok menjadi Komut Pertamina karena faktor kedekatan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Ahok itu jadi Komut Pertamina karena dekat aja dengan Presiden Jokowi!” bebernya dikutip WE NewsWorthy dari Twittter pribadinya, Selasa (25/7).

Sebelumnya, Menteri BUMN, Erick Thohir mengisyaratkan pergantian direksi Pertamina. Basuki Tjahaja Purnama disebut menjadi salah satu kandidat untuk menggantikan Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati.

“(Kandidat penggantinya) Nggak pak Ahok aja, ada nama direksi lain, ya tapi namanya (Ahok) ada jadi salah satu pertimbangan,” katanya, ditemui saat mengikuti seleksi tim U-17 di Persija Training Ground, Bojongsari, Depok, Sabtu (22/7/2023) dikutip dari Republika.

Ia mengisyaratkan pergantian direksi BUMN tidak hanya akan terjadi di Pertamina. Menurut Erick, ini sebagai imbas dari pergantian Wakil Menteri BUMN beberapa waktu lalu.

Erick mengatakan Wamen II, Rosan Roeslani yang baru diangkat akan membawahi sektor BUMN energi sehingga diberi kesempatan review kinerja perusahaan di bawah klaster yang diampunya. Begitu juga dengan Wamen I Kartika Wirjoatmodjo yang akan review BUMN keuangan, telco, dan lainnya.

“Setiap Wamen saya beri kesempatan untuk melakukan review (direksi BUMN), mulai Senin depan sudah akan dipanggil, saya juga akan panggil,” katanya.

(wartaekonomi)

Beri Komentar