Direktur CBA: Kasus BLBI Kemana? Apakah Kejaksaan Takut Ungkap Kasus Besar Ini?

kabar-dan-gambar-abraham-samad-dan-megawati-terkait-kasus-blbi-yang-tidak-jelas-di-tangan-kpk1Eramuslim.com – Direktur Eksekutif Centre for Budget Analysis Uchok Sky Khadafi menegaskan bahwa para pengemplang Bantuan Likuiditas Bank Indonesia alias BLBI harus segera diadili. Kalau tidak diadili, APBN akan terus tergerogoti sehingga pembangunan terganggu.

“Kita sangat terbebani dengan utang BLBI ini. Padahal kita tidak pernah menikmatinya. Karena itu, para penerima ini harus dikejar dan ditangkap sampai dia bayar,” ucapnya,  saat dikontak redaksi, beberapa saat tadi (Sabtu malam, 5/12).

Sayangnya, kata Uchok, penegak hukum di Indonesia seperti alergi untuk menangani BLBI. Buktinya, sampai sekarang tidak penah ada kemajuan dalam penanganan kasus ini.

“Bagi Kejaksaan, kasus BLBI ini seperti api. Mereka takut kebakar kalau menyentuhnya,” cetus Uchok.

Pada 2014, sambungnya, KPK memang sempat mengemukakan akan membongkar kasus itu. Sayangnya, posisinya di KPK keburu digoyang hanya gara-gara kasus pemalsuan identitas.

“Sekarang kita hanya bisa berharap pada pimpinan baru KPK yang akan dipilih pada pertengahan Desember nanti. Kita berharap semoga pimpinan baru KPK nanti berani membongkar kasus BLBI ini agar negara tidak terus terbebani,” tandasnya.(ts/RMOL)