Diajukan Sejak 2019 Jenderal M Jusuf Tak Kunjung Disetujui Jadi Pahlawan Nasional, Tanya Jokowi…?

eramuslim.com — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memprioritaskan Jenderal M Jusuf untuk diangkat sebagai pahlawan Nasional di tahun 2023 ini.

Sub Koordinator Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan, Kesejahteraan Administrasi Sosial Dinas Sosial Sulsel Haerati mengatakan, Pemprov Sulsel telah mengusulkan M Jusuf diangkat jadi pahlawan Nasional sejak tahun 2019. Artinya sudah lima tahun.

Pengusulan itu dilakukan oleh pemerintah provinsi ke Kementerian Sosial lalu diproses. Bahkan secara administrasi, Jenderal M Jusuf telah lolos di Sekretariat Militer (Sekmil).

Hanya saja, pemerintah pusat melalui Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum menyetujui rekomendasi itu.

“Pengusulan dari pemerintah provinsi ke Kementerian Sosial. Di Kemensos diproses lagi. Jadi pak Jusuf itu sudah lolos sampai ke Kementerian Sosial. Sudah sampai di Sekmil. Kalau yang terakhir kan sisa presiden yang tetapkan. Itu sudah bukan kewenangan kita. Jadi secara administrasi itu sudah lolos dia,” kata Haerati kepada Fajar.co.id, Kamis, (17/8/2023).

Dijelaskan, ada dua tokoh yang ingin diusulkan tahun ini yakni Jenderal M Jusuf dan Andi Makkasau. Hanya saja yang mendapatkan rekomendasi dari Pemprov hanya Jenderal M Jusuf yang merupakan putra Bone Sulawesi Selatan itu.

“Sebenarnya tahun ini ada dua, cuman Andi Mappakasau tidak keluar rekomendasinya. Yang keluar cuman Jenderal Jusuf. Setiap tahun kami hanya memperbaharui rekomendasi. Karena harus diperbaharui setiap tahun. Kalau tidak salah 2019 kami usulkan M Jusuf. Sebenarnya ini sudah tingkat tinggi. Sudah bukan kewenangan kita,” jelasnya.

Lebih lanjut kata Haerati, pemerintah pusat memprioritaskan daerah yang belum memiliki pahlawan Nasional demi pemerataan. Sulsel sendiri saat ini sudah memiliki 13 pahlawan Nasional.

Meski Jenderal M Jusuf belum mendapatkan gelar pahlawan nasional, tapi sudah banyak gelar yang diraihnya seperti Bintang Mahaputra. Bintang Mahaputra adalah tanda kehormatan tertinggi kedua yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia, setingkat di bawah Bintang Republik Indonesia.

Jenderal M Jusuf sendiri pernah menjabat sebagai Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia, Menteri Perindustrian Ringan Indonesia, Menteri Perindustrian Dasar Indonesia, Menteri Perdagangan Indonesia, Menteri Perindustrian Indonesia, Menteri Pertahanan dan Keamanan Indonesia.

Pria keturunan bangsawan dari suku Bugis ini merupakan salah satu tokoh militer Indonesia yang sangat berpengaruh dalam sejarah kemiliteran Indonesia. (sumber: fajar)

Beri Komentar