DDII dan HTI Laksanakan Shalat Idul Adha 19 Desember

Sejak pelaksanaan sidang itsbat penetapan 1 Dzulhijjah dan 10 Dzulhijjah 1428H pekan lalu, Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) sudah mengeluarkan sikap tegas bahwa Idul Adha jatuh pada 19 Desember 2007. Sebab, pelaksanaan wukuf di Arafah jatuh pada tanggal 18 Desember, sehingga otomatis Idul Adha jatuh setelah satu harinya.

Ketua DDII KH. Cholil Ridwan mengatakan, keputusan DDII dikeluarkan sesuai dengan wukuf di Arafah. "Wukuf itu kan cuma ada satu, sementara Idul Adha jatuh pada hari berikutnya setelah wukuf. Wukuf terjadi Selasa, otomatis syar’i Rabu lebarannya. Kalau ketentuan lebaran Kamis, ikut wukuf yang mana, "tegasnya.

Ia menjelaskan sejak zaman Nabi Muhammad SAW, ketentuan Idul Adha sudah seperti itu, akan jatuh setelah wukuf, di Arafah, yang berada di Arab Saudi.

Untuk pelaksanaan shalat Ied, DDII memusatkannya di Masjid Al-Furqon, yang berlokasi di Markas DDII, Jalan Kramat Raya No. 45, Jakarta Pusat. Akan dimulai pada pukul 06. 45 dan bertindak sebagai khatib KH. A. Cholil Ridwan. Selain itu, untuk wilayah Jakarta Selatan, shalat Ied juga diadakan di Masjid Agung Al-Azhar, Jalan Sisingamaraja-Kebayoran Baru. Bertindak sebagai khatib Ustadz Sobahus Surur. Sedangkan untuk wilayah Jakarta Timur, shalat Ied akan digelar di Pesantren Husnayain, Jalan Lapan, Pekayon, Pasar Rebo. Yang bertindak sebagai khatib Ustad Effendy Umar, dan di Pesantren Akmaliyah Jalan PKP, Kelapa Dua Wetan.

Senada dengan itu, DPP Hizbut Tahrir Indonesia juga memastikan bahwa Idul Adha jatuh pada 19 Desember 2007, atau tepatnya sehari setelah wukuf di Arafah yang jatuh pada hari ini.

HTI dalam selebaran yang dibagi-bagikan kepada masyarakat, mengajak kaum muslimin yang berada di Jakarta, untuk melaksanakan sholat Ied di Lapangan Parkir Timur, Gelora Bung Karno, Senayan, yang dimulai pada pukul 06. 30. Dalam Idul Adha kali ini HTI mengusung tema "Berkurban untuk menyongsong tegaknya syariah dan khilafah. Dalam shalat Ied akan bertindak selaku khatib dan imam dari DPP HTI Ustadz. M Hijrah Dahlan.

Selain di Jakarta, DPP HTI juga menyelenggarakan, shalat Idul Adha di beberapa wilayah, antara lain, Tangerang, Bogor dan Bandung.

Sebelumnya, Juru Bicara HTI M. Ismail Yusanto menyatakan, perbedaan penetapan Idul Adha 1428H sebagai peristiwa yang menyedihkan, sekaligus memalukan.

Seperti diketahui, pemerintah melalaui Departemen Agama menetapkan Idul Adha 1428H jatuh pada 20 Desember 2007.(novel)