dari Solidaritas Palestina ke Solidaritas Korban Lumpur Sidoarjo

Ketua MPRRI Hidayat Nurwahid meminta aga masyarakat Indonesia, selain memberikan dukungan terhadap bangsa Palestina, juga memberikan dukungan pada korban bencana alam di Indonesia terutama korban luapan lumpur panas Lapindo.

"Saya harapkan ini bisa memberikan support kepada bangsa Indonesia, bahwa mereka bisa mengumpulkan satu dollar untuk bangsa Palestina, mestinya akan bisa mengumpulkan banyak lagi rupiah untuk membantu saudara kita di Indonesia, mereka yang menjadi korban lumpur Lapindo, Pasuruan, dan korban bencana alam lain, ini suatu triger bahwa bangsa ini mempunyai keberanian untuk membantu sesama di Indonesia, " ujarnya di sela-sela aksi solidaritas Palestina, di Lapangan Monas, Jakarta, Ahad (10/6).

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan oleh Komite Nasional Untuk Rakyat Palestina menunjukan bentuk kepedulian masyarakat Indonesia, meskipun berada dalam kesulitan namun masih memiliki perhatian terhadap satu kawasan yang sedang dijajah, di mana di tempat tersebut hidup berbagai komunitas.

Lebih lanjut Hidayat menegaskan, dukungan penuh dari berbagai komponen bangsa ini, akan tetap meneguhkan komitmen pemerintah Indonesia, yang sejak semula mendukung kemerdekaan Palestina serta kemerdekan tanah suci umat Islam serta Masjid Aqsha.

"Kami tetap menghargai pemerintah yang tetap mendukung kemerdekaan Palestina, dan menolak resolusi PBB yang memberikan sanksi kepada Presiden Iran, hanya karena membuat pernyataan yang menyatakan Zionisme harus dienyahkan dari Palestina, karena memang Israel rezim teroris yang menjajah Palestina, " tegasnya.

Sementara itu, Anggota DPR FPDIP Sabam Sirait menegaskan, penjajahan Zionis Israel bukan hanya dirasakan oleh umat Islam, tapi juga mereka yang beragama Kristen, yang tinggal di Palestina. Merka ikut menjadi korban dan tidak dapat menjalankan ibadah.

"Banyak orang Kristen yang ditangkapi oleh Israel, bahkan tidak boleh beribadah, karena itu penderitaan rakyat Palestina juga dirasakan orang Kristen, " tukasnya.

Ia menambahkan, meskipun kegiatan aksi solidaritas itu dilakukan oleh mayoritas simpatisan dan kader Partai Keadilan Sejahtera, namun sebenarnya ajakan mendukung Palestina itu akan disampaikan kepada seluruh rakyat Indonesia.(novel)