Daftar Haji Sekarang di Jawa Timur, Berangkat 11 Tahun Kemudian

Daftar Haji Sekarang di Jawa Timur, Berangkat 11 Tahun Kemudian

Daftar tunggu atau waiting list calon jamaah haji asal Jawa Timur mencapai 11 tahun. Artinya, jika mendaftar tahun ini maka baru bisa berangkat haji pada tahun 2023.

“Waiting list di Jawa Timur tercatat sudah 400 ribuan orang, mereka ini baru 11 tahun nanti bisa berangkat,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur, M Sudjak, disela-sela mengikuti upacara peringatan 17 Agustus 2012.

Untuk mendaftar haji, calon jamaah memang tidak harus melakukan pelunasan. Melainkan cukup mendaftar dan yang bersangkutan sudah mendapatkan daftar tunggu. Calon haji baru bisa berangkat setelah melakukan pelunasan sebesar US$ 3.738 atau sekitar Rp 35,4 juta.

Sementara itu, untuk keberangkatan haji tahun ini, Sudjak mengatakan baru 87 persen yang sudah melakukan pelunasan. Untuk tahun ini, kuota Jawa Timur adalah 33.930 orang dan dari jumlah ini baru 29.450 orang yang sudah melakukan pelunasan.

Sudjak menambahkan, di Jawa Timur tahun ini akan memberangkatkan sebanyak 76 kelompok terbang dengan kloter pertama akan berangkat pada tanggal 21 September 2012 nanti.(fq/tempo)