Cucu Soekarno Jadi Legislator Usai Arteria Mundur, Warganet: Kayak Praktik ‘Joki’ Parlemen

 

Romy Soekarno dan Arteria Dahlan.

eramuslim.com — Hendra Rahtomo atau dikenal dengan Romy Soekarno melenggang ke Senayan setelah dua Caleg PDIP mundur.

Dua calon legislatif dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan untuk daerah pemilihan (Dapil) Jawa Timur VI secara berurutan mengundurkan diri. Sehingga Cucu Presiden pertama RI yang perolehan suaranya di bawah mereka melenggang.

Berdasarkan hasil pemungutan suara, Romy berada pada posisi keempat. Di Dapil Jatim VI, partai yang diketuai Megawati Soekarnoputri itu mendapat dua kursi.

Kursi pertama diraih adik dari mantan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Pulung Agustanto, dengan 165.869 suara. Kemudian urutan kedua diraih Sri Rahayu, lalu Arteria Dahlan.

Warganet di media sosial pun ramai membahas peristiwa politik tersebut. Mayoritas warganet di X (twitter) menyampaikan kritik tajam ke PDIP. Bahkan, nama Arteria kini jadi trending topik.

“Itu urusan internal kalian sih. Tapi kalian sdg mempelopori praktek “joki” parlemen. Heran aja klu ada yg mau jadi kader partai yg punya sistem begini. Padahal politisi itu adalah orang2 yg berminat mengurus negara. Lah ini ngurus keluarga 😆,” tulis akun @MartinusButarb1, dikutip Selasa (1/10/2024).

“Sri Rahayu dan Arteria Dahlan mundur, cucu Soekarno maju. Jadi gunanya pemilu untuk apa, Rakyat kan tidak memilih si cucu?,” tambah warganet lainnya.

“Arteria & Sri Rahayu mundur, lalu beri kursi DPR RI kepada cucu Soekarno bagian Royal Family. Begitu mudahnya mereka mencederai demokrasi, mempermainkan suara rakyat. Berhentilah bermuka dua wahai para politisi, kalian bicara hanya untuk kepentingan pribadi bukan utk bangsa ‼️,” kritik lainnya.

Sementara itu, Romy Soekarno mengaku dirinya terpilih bukan karena pemberian, melainkan atas perjuangannya di daerah pemilihan (dapil).

Pernyataan itu ia sampaikan usai politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuagnan (PDIP) Arteria Dahlan mengaku memberikan kursi DPR atas permintaan Romy Soekarno karena Romy merupakan cucu Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno.

“Oh bukan diberikan (kursi), tapi karena saya berjuang di dapil,” ujar Romy Soekarno di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024), dikutip dari Kompas.com.

Romy Soekarno juga menyebut pihak DPP PDI-P mengapresiasi upaya yang telah ia lakukan di dapilnya di Jawa Timur (Jatim). Dia mengaku berjuang dari pagi hingga malam setiap hari.

Dia pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sri Rahayu dan Arteria Dahlan yang memilih mundur dari status calon anggota DPR terpilih, sehingga ia yang dilantik sebagai anggota DPR.

“Terima kasih untuk Bu Sri Rahayu dan Mas Teri (Arteria) karena mereka mengapresiasi semua apa yang saya lakukan di dapil.”

“Sehingga ya mudah-mudahan saya bisa menjadi wakil rakyat yang bisa berjuang untuk bangsa dan negara berdasarkan ajaran Bung Karno,” imbuhnya. (sumber: fajar)

Beri Komentar