CBA: Jika Bukan Keluarga Wapres, Moffet Pasti Tidak Mau Bertemu Keluarga JK

jk freeport lagiEramuslim.com – Aksa Mahmud Jusuf dan Erwin Aksa tidak patut bertemu bos PT Freeport Jim Bob alias James R Moffet di tengah polemik perpanjangan kontrak eksplorasi Freeport di Papua.

Bagaimanapun, Aksa dan Erwin adalah ipar dan keponakan Wapres Jusuf Kalla (JK). Pertemuan keduanya secara diam-diam dengan Jim Bob bisa dianggap ke arah penyalahgunaan wewenang Wapres.

“Untuk apa saudara wapres menemui bos perusahaan yang saat ini sedang berusaha mendapatkan izin perpanjangan kontrak dari pemerintah dimana wapres adalah salah satu bagiannya?” kata Direktur Eksekutif Centre for Budget Analisys, Uchok Sky Khadafi di Jakarta, Minggu (20/12).

Kalaupun dalam pertemuan sama sekali tidak membicarakan perpanjangan kontrak, tapi kata Uchok, tetap saja pertemuan tersebut sangat tidak etis dilakukan dan cenderung mengarah ke penyalahgunaan wewenang.

Uchok tidak yakin pertemuan Aksa Mahmud dan anaknya Erwin Aksa dengan Jim Bob adalah pertemuan antara pengusaha seperti yang diutarakan JK. Pengusaha besar pemilik Freeport McMoran itu  tidak akan mungkin mau menemui Aksa dan Erwin kalau embel-embelnya hanya sebagai pengusaha.

“Gak mungkin Moffet mau ketemu dengan  mereka tanpa ada embel-embel keluarga wapres. Jauh lah kelas Aksa dan Moffet. Ini kan ada embel-embel iparnya wapres saja makanya Moffet mau ketemu,” katanya.(ts/RMOL)