Cari Dukungan, Foke Kunjungi Gereja Minta Doa Pendeta

Cari Dukungan, Foke Kunjungi Gereja Minta Doa Pendeta

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo bertamu ke Gereja Mawar Saron, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu, 8 Agustus 2012. Dia mengaku datang ke sana untuk bertemu kawan lamanya. Kawan yang dimaksud adalah pendeta Jacob Nahuway, pemimpin Gereja Mawar Saron. “Saya ke sini bertemu kawan lama, bersilaturahmi,” ujarnya.

Di hadapan puluhan pendeta, Foke–sapaan akrab Fauzi Bowo–mengaku sering berdiskusi tentang isu-isu keagamaan bersama pendeta Jacob. “Sebagai Gubernur, saya berupaya kerja keras memenuhi aspirasi masyarakat, termasuk umat kristiani,” ujarnya.

Pendeta Jacob Nahuway menyatakan rasa harunya atas kunjungan Fauzi Bowo. Apalagi Fauzi yang sedang berpuasa itu menyiapkan sajian santap siang bagi jemaah gereja. “Ini bulan puasa dan beliau datang meminta doa pada kita,” katanya. “Saya rasakan itu sentuhan yang luar biasa.”

Pendeta Jacob kemudian memimpin doa agar Fauzi Bowo diberi kekuatan untuk melanjutkan kepemimpinannya di Jakarta. “Kalau memang kehendak Tuhan seseorang jadi pemimpin, maka tidak ada yang bisa menghentikan itu.”

Maranata Simanjuntak, seorang pendeta, mengatakan, pada masa kepemimpinan Fauzi, masih ada penganut agama minoritas yang kesulitan menjalankan ibadah. Hal itu dialami rekan-rekannya di Taman Anggrek, Jakarta Barat. Mereka diusir saat menggelar doa bersama.

Foke berjanji mengusut masalah ini. Namun dia juga meminta pengertian kepada para pendeta agar membuka komunikasi dengan warga sekitar sebelum peribadatan digelar. “Saya rasa musyawarah dan silaturahmi dengan lingkungan sekitar masih bisa dilakukan,” katanya.(fq/tempo)