Bukan Jet Pribadi, Paus Fransiskus Pakai Pesawat Komersil ke Indonesia

eramuslim.com – Paus Fransiskus sebagai Pemimpin Takhta Suci Vatikan tiba di Indonesia pada Selasa (3/9/2024). Menariknya, dia tak menggunakan jet pribadi tetapi pesawat komersial asal Italia.

Paus Fransiskus berangkat langsung dari Roma, Italia, menuju Indonesia menggunakan pesawat milik ITA Airways. Pesawat itu berstatus sewaan sehingga bisa langsung mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Pesawat yang digunakan oleh Paus Fransiskus beserta rombongan berjenis Airbus A330-900 EI-HJS. Pesawat ini memiliki kapasitas hingga 291 penumpang, yang terdiri 30 kelas bisnis, 24 premium economy class, dan 237 kelas ekonomi.

Pesawat ini menggunakan mesin Rolls-Royce Trent 7000-72 dengan kecepatan maksimal 918 km/jam. Jarak tempuh dalam sekali penerbangan bisa mencapai 13.334 kilometer dengan ketinggian 41.450 kaki atau 12.634 meter.

Kabarnya, penerbangan berikutnya Paus Fransiskus dari Indonesia akan menggunakan Garuda Indonesia dengan kode Boeing 737/A330. Namun, belum ada kabar lebih lanjut mengenai rencana tersebut.

Paus Fransiskus memang dikenal dengan kerendahan hatinya yang tak ingin menggunakan kemewahan. Bahkan, dikabarkan ia gemar menggunakan maskapai lokal dari negara keberangkatannya.

Adapun, Paus Fransiskus memiliki jadwal kunjungan di Indonesia pada 3-6 September 2024. Kunjungan ini dilakukan sebagai upaya mendorong perdamaian dan kerukunan antar umat beragama di Indonesia.

 

(Sumber: Idxchannel)

Beri Komentar