BNPB Perkirakan Jakarta Dikepung Banjir Mulai Pertengahan Februari 2016

Eramuslim.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksi kawasan ibu kota bakal dilanda bencana banjir pada minggu ketiga dan keempat bulan Februari 2016. Perkiraan tersebut berdasarkan hasil kontinjensi yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta.

“Diprediksi siaga darurat banjir di Jakarta pada minggu pertama hingga minggu ketiga Februari 2016, sedangkan tanggap darurat banjir pada minggu ketiga hingga keempat Februari 2016,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Rabu (10/2).

Sutopo menjelaskan siaga banjir diperkirakan bakal terjadi di 34 kelurahan dan 134 RW. Jumlah pengungsi diprediksi mencapai 52.451 jiwa yang akan ditampung di 72 titik pengungsian.

banjir jakarta“Kalau tanggap darurat banjir diperkirakan ada 57 kelurahan, 201 RW di 23 kecamatan berdampak banjir dengan 56.113 jiwa mengungsi di 83 lokasi. Rencana kontinjensi ini dijadikan dasar dalam kesiagaan. Ini bentuk skenario yang bisa saja terjadi ataupun tidak,” ucapnya.

Dia menambahkan, “Jadi Februari 2016 ini Jakarta mengalami banjir lokal dan kiriman dari Bogor,” tuturnya.

Dalam hal ini ia menuturkan upaya penanganan banjir di Jakarta sudah dilakukan sejak November 2015, baik di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota.

“Antisipasi banjir saat ini sudah dilakukan dengan rapat koordinasi, sosialisasi, penyusunan rencana kontinjensi, gladi/simulasi, bantuan logistik peralatan, dan pemberian bantuan dana siap pakai kepada BPBD sebesar Rp 150 miliar, dan lainnya,” tutupnya.(ts/mdk)