BMKG: Akhir Januari-Februari 2016 Curah Hujan Besar, Jakarta Akan Kembali Banjir

banjir2Eramuslim.com – Ibu Kota diprediksi akan kembali diterjang banjir di awal tahun. Penyebabnya, curah hujan yang tinggi akan terjadi pada bulan Februari 2016 mendatang. Curah hujan mencapai lebih dari 100 milimeter per hari. Secara normal curah hujan hanya berkisar 50 milimeter per hari.

“Itu sesuai prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Perkiraannya, pada akhir Januari sampai Februari akhir itu, eskalasi curah hujan tinggi,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Deni Wahyu di Balai Kota Jakarta, Selasa (1/12/2015).

Dia menjelaskan, sejatinya ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan banjir terjadi.

Pertama, curah hujan jatuh secara bersamaan dalam satu hari. Kedua, curah hujan turun sedikit tiap harinya.  “Skenario kami ini yang paling ekstrem, ketika terjadi curah hujan tinggi dalam sehari. Itu kan pasti akan ada peningkatan debit air di Jakarta,” terangnya.

Peningkatan curah hujan tidak hanya terjadi di Jakarta, tetapi juga di wilayah hulu sungai Ciliwung, seperti Bogor, Puncak, hingga Kaki Gunung Gede-Pangarango.

Pemprov DKI perlu mengantisipasi jika daerah hulu diguyur hujan deras.”Apalagi kalau curah hujan 380 milimeter turun dalam 1 hari. Nah, itu yang menjadi potensi bencana banjir,” ucap Deni.(ts/rn)