Blak-blakan! PKS Beberkan Kerugian Dukung Anies saat Pilpres 2024

Pantas Ogah Usung, PKS Bongkar Kerugian Dukung Anies saat Pilpres 2024

eramuslim.com – Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tifatul Sembiring secara blak-blakan membeberkan kerugian yang dialami partainya pasca mengusung Anies Baswedan dalam Pilpres 2024 lalu.

Seperti diketahui bahwa PKS saat itu menjadi partai pengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar bersama dengan partai lain seperti Nasdem dan PKB.

Namun, terlepas dari kekalahannya, Tifatul mengakui bahwa dari ketiga partai tersebut, PKS secara khusus mendapat lebih banyak kerugian akibat mencalonkan Anies.

Melalui akun X, Menteri Komunikasi dan Informatika era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut menyinggung soal coattail effect. Ia mengungkap bahwa hanya Nasdem dan PKB yang diuntungkan dari Pilpres lalu, sementara PKS tidak mendapat apapun.

“Mungkin benar, secara kirologi-kirologi. Tapi secara fakta data, yang dapat coattail effect Anies di Pilpres kemarin, bukan PKS. Tapi Nasdem dan PKB, masing-masing mereka naik 10 kursi,” ungkap politikus PKS Tifatul Sembiring di akun X (Twitterr), Senin (2/9/2024).

Meski sempat dirugikan, PKS tetap menjadi partai pertama yang menyatakan keinginan untuk mengusung Anies dalam Pilkada DKI Jakarta.

Sayangnya, Tifatul mengakui bahwa dukungan itu tidak mendapat sambutan baik dari Anies.

“Yang pertama, awal sekali mengusung nama Anies di Pilgub DKI, adalah PKS. Sayang, gayung tak besambut,” katanya.

Akibatnya, sebuah hal yang wajar jika PKS yang sebelumnya bahkan sudah sempat menyiapkan pasangan calon pendamping untuk Anies malah memilih berbalik arah dan bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus yang mengusung Ridwan Kamil-Suswono.

Tifatul pun menyebut bahwa batalnya dukungan PKS untuk Anies sudah menjadi bahan rundingan dan keputusan seluruh pihak dalam partai.

“Itu keputusan hasil syuro, bukan putusan satu orang. Di PKS mekanismenya bukan instruksi2 ketum. Maaf ini cara ambil kebijakan,” tandas Tifatul.

(Sumber: Wartaekonomi)

Beri Komentar

8 komentar

  1. Kalau PKS rugi setelah mendukung Anies, Berikut nya PKS jangan dukung Anies lagi. Untuk rakyat yang lain, rakyat yang merdeka, kalau merasa rugi mendukung PKS berikutnya jangan dukung PKS lagi… Gampang politik sih, enggak usah dibikin ruwet.

  2. Harusnya pks bersyukur waktu pilpres mendukung Anis,klau tidak suaranya akan jatuh,karena sudah dipecah belah partainya oleh fahri cs dengan geloranya …
    Justru yg rugi kami rakyat yg milih pks sekarang ini,yg tidak konsisten dengan jargonnya.