Benarkah Virus Corona Tak Tahan Iklim Tropis Seperti di Indonesia?

Eramuslim – Beredar pesan yang beredar di Whatsapp mengenai beberapa fakta terkait virus corona 2019-nCoV. Salah satu isi pesannya menyebut virus corona tidak akan menyebar di daerah tropis seperti Indonesia karena virus tidak bisa bertahan di atas 23 derajat celcius.

“Susah untuk jawabnya, wong Singapura juga tropis kok,” kata dr Achmad Yurianto, Sekretaris pada Sekretariat Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan kepada detikcom, Kamis (30/1/2020, menanggapi pesan tersebut.

Diketahui beberapa negara tetangga seperti Singapura, Thailand, dan Malaysia sudah mengkonfirmasi adanya kasus positif virus corona.

Meski belum ada penelitian ilmiah yang bisa mendukung pernyataan mengenai iklim tropis dan kaitannya dengan penyebaran nCoV, perlu diketahui bahwa virus memiliki sifat seperti benalu atau parasit, yang tidak bisa hidup lama tanpa inang.

“Virus hidup di dalam sel dan begitu dia keluar melalui percikan ludah maka mungkin tidak sampai 10 menit selnya akan mati begitu pula dengan virusnya. Apalagi kalau disertai dengan paparan sinar matahari dan sebagainya mungkin bisa lebih cepat lagi,” jelas pria yang akrab disapa Yuri ini.