Begini Tahapan Audit Sistem KPU, Kecurangan Sistematis Bisa Terbukti

Tahap kedua: Examination

Pada tahap ini, berlangsung proses pemeriksaan barang bukti digital di atas dengan saksama untuk mendapatkan secara menyeluruh data yang ada di dalamnya. Data yang diambil baik yang secara logical masih ada maupun yang sudah terhapus. Semua data akan diekstrak untuk dapat digunakan dalam proses berikutnya.

Hacker

Tahap ketiga: Analysis

Ruby menjelaskan, tahapan digital forensic ketiga ini merupakan tahap yang paling penting dan memakan waktu sesuai dengan tingkat kesulitan dan besar, sebab tahap ini melibatkan data.

“Pada tahap ini investigator akan menganalisis data-data yang ada untuk dapat dijadikan bukti-bukti serta menentukan kronologis sebuah proses kejadian yang sebelumnya,” jelasnya.

Tahap keempat: Reporting

Tahapan terakhir ini akan menghasilkan sebuah laporan teknis digital forensicdetail secara ilmiah dan dapat dipertanggung jawabkan di muka hukum.

Bagaimana dengan audit KPU?

Mengingat KPU sedang mendapat sorotan soal kacaunya input data suara Pilpres, Ruby mengatakan, untuk audit sistem KPU yang diperlukan adalah dua hal. Pertama membandingkan data C1 dan analisis input data.

“Pertama, mengomparasi data di sistem dengan data scan C1. Kedua, menganalisis terhadap aplikasi web untuk penginputan data, analisis data base, serta analis log-nya,” ujarnya.

Dengan cara tersebut, Ruby berharap nantinya bisa didapatkan fakta-fakta yang diperlukan, untuk memastikan adakah kecurangan sistematis yang dimaksud. (vv)


AKAN TERBIT… HOLLYWOOD UNDERCOVER, Eramuslim Edisi 3 Revisi. Mengurai gurita rahasia Zionisme dibalik tirai produksi Film2 Hollywood. Akan terbit insyaAllah ditanggal 25 Mei 2019. Harga PreOrder Rp 85.000/eks (belum tmsk ongkir) Pemesanan ke WA/SMS di 085811922988 dengan menyebutkan Nama pemesan, dan alamat kirimnya, agar kami bisa tawarkan. Pesan sgera agar kami catatkan pemesanannya… Wassalamu alaikum wr wb