Bayi Obesitas Umur Setahun 27 Kg di Bekasi Kerap Diberi Susu Kental Manis

Viral bayi bernama Kenzie, punya bobot 27 kilogram di usia satu tahun. Ibunda Kenzie, Pitriah mengungkapkan berat badan anaknya memang berlebih sejak ia lahir.
Akibat obesitas yang dialaminya, tumbuh kembang Kenzie terganggu. Tidak seperti bayi seusianya, Kenzie belum bisa berdiri tegak.

eramuslim.com – Muhammad Kenzie Alfaro, bayi berusia 16 bulan yang mengalami obesitas biasa diberi susu kental manis (SKM) oleh orang tuanya.

Saat ditemui detikcom di kediamannya di daerah Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kenzie tengah berbaring di area tengah rumah petakan sambil meminum susu. Ibunya, Pitriah, mengatakan Kenzi memang masih biasa diberi creamer atau susu kental manis.

“(Dikasih) SKM. Sebenarnya nggak boleh memang buat anak umur segini. Habisnya waktu itu udah nggak kerja. Anak sekolah 2, yang satu SMK yang satu TK. Dia juga nyusu,” katanya.

Pitriah terpaksa memberi asupan kental manis karena kondisi keuangan keluarganya yang terbatas. Suaminya hanya pekerja serabutan di empang sementara dia juga perlu membiayai dua kakak Kenzie yang masih bersekolah.

“Bapaknya kan gajinya begitu. Dapat per hariannya RP 50 ribu, serabutan,” tuturnya.

Sejak lahir, Kenzie belum pernah diberi air susu ibu (ASI) lantaran Pitriah memiliki penyakit sehingga ASI-nya tidak bisa keluar. Riwayat pengobatan batu ginjal yang diidap Pitriah sejak kehamilan Kenzie membuat ASI-nya seret.

Obesitas yang dialami Kenzie juga membuat pertumbuhannya tidak sama seperti anak lainnya. Di usianya, Kenzie belum bisa merangkak dan berjalan.

 

Sumber: [Detik]