Bantah Al Zaytun Sesat, Panji Gumilang: Kami Ajarkan Kemerdekaan Roh, Pikiran dan Ilmu

eramuslim.com – Panji Gumilang, Pemimpin Ponpes Al Zaytun, memberikan bantahannya terkait dengan anggapan bahwa lembaga pendidikannya telah mengajarkan ajaran sesat berbalut agama dari Islam.

Menurutnya hal tersebut tidaklah benar, ia mengaku apa yang diajarkan oleh seluruh jajarannya adalah soal kemerdekaan jiwa, berpikir dan ilmu bagi setiap individu sesuai aturan yang berlaku di Indonesia.

“Di sini (Al Zaytun) menanamkan merdeka roh, merdeka berpikir dan merdeka ilmu,” ungkapnya dalam Youtube Coktro TV, dikutip Rabu (05/07/2023).

Hal ini menurutnya penting untuk dimiliki oleh setiap individu, tak hanya agar mereka siap dengan sejumlah tantangan kehidupan tetapi juga hidup dalam kenegaraan seperti di Indonesia.

Terkait dengan anggapan sesat soal ajaran dari Al Zaytun, Panji sendiri tak terlalu pusing memikirkannya. Ia enggan memberikan komentar lebih lanjut terkait hal itu.

“Ini kita belum bisa membaca, nanti kalau dikatakan begini-begini, tersinggung lagi,” tuturnya sambil memberikan senyum saat menjawab hal itu.

Namun ia mengatakan apa yang diajarkannya memang terkait dengan kebebasan, tapi hal itu tetap memiliki batas dari pemilik jiwa alias tuhan yang maha esa hingga UUD 1945.

 

(Sumber: Suara)

Beri Komentar