Awas! Badai Besar Telah Tercipta di Utara Papua, TNI Diminta Bersiap

Eramuslim.com – Peringatan penting bagi militer Tentara Nasional Indonesia (TNI) bahaya besar yang dapat mengancam keselamatan telah muncul di timur Indonesia.

Ancaman bahaya itu berasal dari Samudera Pasifik. Diperingatkan, bahwa badai tropis atau Tropical Cyclone bernama TC94W telah tercipta di utara dari wilayah Papua.

Peringatan kemunculan badai tropis ini baru saja diterbitkan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Dalam siaran resmi dilansir VIVA Militer, Rabu 14 April 2021, berdasarkan pemantauan terkini dari Joint Thypoon Warning Centerdisebutkan badai tropis telah tercipta sejak beberapa hari lalu. Dan kian hari diprediksi akan semakin menguat.

Menurut Tim Reaksi dan Analisis Kebencanaan (TREAK) LAPAN, penguatan TC94W ini berdampak pada pembentukan sistem awan konvektif skala meso yang meluas di wilayah perairan Halmahera.

“TC atau biasa disebut badai siklon dengan skala luas ini dicirikan dengan aktivitas konvektif yang semakin meluas disertai angin kencang dan hujan deras yang terjadi secara persisten di sekitar wilayah badai yaitu di Perairan Maluku,” tulis LAPAN.

Yang patut diwaspadai pula bagi seluruh prajurit TNI, selain terjadi di lautan berdasarkan prediksi SADEWA-LAPAN, peningkatan hujan signifikan juga terjadi di atas daratan.