Anwar Ibrahim Nyatakan Malaysia Siap Kerja Sama dengan Indonesia untuk Misi Perdamaian di Palestina

eramuslim.com – Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim menyatakan bahwa Malaysia bersedia bekerja sama dengan Indonesia, termasuk mengirimkan pasukan perdamaian bersama ke Gaza, Palestina, jika diamanatkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Menyinggung situasi kemanusiaan di Palestina, saya ingin menginformasikan kesediaan Malaysia untuk bekerja sama, termasuk dalam aspek penempatan pasukan penjaga perdamaian bersama Indonesia jika diamanatkan oleh PBB,” kata Anwar melalui akun media sosialnya yang diakses di Kuala Lumpur, Senin, dikutip dari ANTARA.

Kesediaan ini disampaikan Anwar dalam perbincangannya dengan Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, melalui sambungan telepon.

Anwar menyebutkan telah berbincang selama tiga menit dengan Prabowo dan menyampaikan rasa syukurnya atas kelancaran operasi yang dijalani oleh presiden terpilih RI tersebut baru-baru ini.

Anwar juga mengatakan bahwa ia mendoakan Prabowo mendapatkan perawatan yang baik dan intensif serta diberikan kesembuhan yang cepat agar dapat segera kembali menjalankan tanggung jawab yang diamanahkan.

Dalam perbincangan tersebut, Anwar dan Prabowo juga bertukar pandangan mengenai isu-isu terkini, terutama peran Prabowo dalam mewakili Indonesia di kancah internasional belakangan ini, serta visi, kolaborasi, dan upaya perdamaian regional dan universal yang dibawa.

“Saya menyambut baik gagasan kerja sama misi penjaga perdamaian internasional Malaysia-Indonesia, dan kerja sama tersebut dapat diperluas ke tingkat regional ASEAN,” ujar Anwar.

Di akhir perbincangan, Anwar menyampaikan harapan agar pemilu Indonesia yang berakhir dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 27 November 2024 dapat berjalan dengan baik dan dipermudah.

Selain itu, Anwar juga berharap agar segala persiapan pelantikan Prabowo sebagai Presiden RI pada 20 Oktober 2024 dapat berjalan lancar.

 

(Sumber: Fajar)

Beri Komentar