Anies Sebut IKN Akan Tetap Dilanjutkan Jika Terpilih Jadi Presiden

eramuslim.com – Respon terkini Anies Baswedan mengenai masa depan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang merupakan gagasan dari Jokowi.

Dalam sebuah acara, Anies Baswedan kembali membahas mengenai proyek yang menjadi kebanggaan Jokowi, yaitu IKN. Anies Baswedan menegaskan bahwa apabila ia terpilih sebagai presiden berikutnya, maka proyek IKN tidak akan dihentikan.

“IKN ini UU, saya sampaikan pada semua,” ujar Anies Baswedan, dilansir dari Saluran YouTube Karni Ilyas Club, Selasa 11 April 2023.

“Selama UU itu ada ya dilaksanakan, sebatas itu,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Anies Baswedan mengisyaratkan jika IKN belum menjadi suatu peraturan perundang-undangan, maka mantan rektor Universitas Paramadina ini akan memikirkan kembali perihal hal tersebut.

“Kalau itu masih gagasan ya kita bisa diskusi sekarang,” katanya.

Selanjutnya, Anies Baswedan mengungkit beberapa unsur penting yang dihubungkan dengan kelanjutan IKN jika dirinya menjadi orang nomor satu di Indonesia.

“Kalau bicara tentang perubahan ada 4 unsur, Apa yang harus diteruskan (Ditingkatkan), apa yang harus dikoreksi, apa yang tidak perlu diteruskan (Dihentikan), dan hal baru apa yang harus dibawa,” tuturnya.

“Semua yang menyangkut eksekusi diputuskan ketika kita bertugas, pada saat itu kita lihat anggarannya, sumber dayanya, dsb. Prinsipnya adalah UU nya dilaksanakan,” lanjutnya.

“Pelaksanaannya seperti apa ya nanti dilihat seperti apa, waktu dan prioritasnya seperti apa, itu di level eksekusi,” sambungnya.

Sebagai informasi, pada bulan Januari 2023, Anies Baswedan mengaku akan mengutamakan bagaimana kondisi masyarakat nantinya.

Yang mana pembangunan IKN harus mempunyai dampak yang positif bagi rakyat Indonesia.

“Sederhananya kita ingin agar apa yang sudah dikerjakan memberi manfaat sebesar-besarnya untuk masyarakat Indonesia. Saya sederhana saja hari ini, selama itu ada aturan perundangannya siapapun pejabat negara harus melaksanakan, jadi tidak bisa selera kita, keputusan itu harus dihormati,” paparnya, dilansir dari YouTube Total Politik.

“Ketika kita membangun, harus memberikan ruang untuk mempraktikkan rasa keadilan, sehingga manfaat oleh pembangunan ini dirasakan lebih banyak lagi,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua DPP Partai Nasional Demokrat alias Partai NasDem, Effendy Choirie.

Ia malah yakin jika Anies Baswedan akan tetap melanjutkan program IKN tersebut.

“Dia (Anies Baswedan) belum pernah menyatakan atau dalam diskusi atau diskusi di internal NasDem, nggak ada, ‘Ini harus tidak dilanjutkan’,” sebut Effendy Choirie.

“Tidak, ini harus dilanjutkan namanya IKN, namanya infrastruktur, ini kebutuhan ibu kota kebutuhan kebanggaan bangsa, nggak bisa ditawar,” pungkasnya.

 

(Sumber: Terkini)

Beri Komentar