Anies Baswedan Diancam Ditembak, Reza Indragiri: Tiga dari Empat Unsur Perencanaan Sudah Ada

Menurut Reza, ada dua kemungkinan motif mengapa pengancam tidak menulis insentif yang ingin dia raih, yakni emosional maupun instrumental.

“Kemungkinannya, bukan emosional. Jika emosional adalah motifnya, untuk sebuah chat singkat di medsos, yang didahulukan pelaku dalam sebuah chat tunggal adalah meluapkan isi hati,” terang Reza.

Indikasi kelima, semestinya ancaman ini tidak hanya dipandang sebagai serangan ke Anies. Hal yang sama patut disikapi sebagai tantangan terhadap polisi. “Seberapa cepat dan ajeg polisi merespons, akan menentukan kuat lemahnya deterrence effect,” kata Reza.

Dia mengatakan kelambanan polisi menangkap pelaku juga akan menunjukkan betapa pengamanan terhadap capres di ruang maya masih belum optimal. Oleh karena itu, dia menyarankan agar patroli dan pengawalan berbasis siber juga harus diperkuat.

“Secara kebetulan, ini selaras dengan sorotan Anies di panggung debat terkait keamanan siber. Terlebih, kalau capres saja bisa dengan mudahnya menjadi target ancaman pembunuhan, betapa rawannya posisi masyarakat biasa,” tutur Reza Indragiri.  (sumber: fajar)

Beri Komentar