Anak Muda Ingin Hijrah dan Istiqomah? Begini Caranya

Eramuslim – FENOMENA hijrah  tengah ramai terjadi di kalangan masyarakat Indonesia, salah satunya juga di kalangan anak muda. Secara harfiah, sebagaimana dijelaskan oleh Ustadz Fauzan Amin, salah seorang pengurus Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) sekaligus Ikatan Sarjana Quran Hadis Indonesia Ustadz Fauzan Amin.

Hijrah memiliki pengertian yakni berpindah dari satu tempat ke tempat lain, namun kini seiring dengan berkembangnya zaman, pengertian hijrah ini juga menjadi luas.

“Hijrah itu berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Rasulullah pindah dari Mekah ke Madinah. Kemudian istilah ini berkembag, ada beberapa ulama yang mengatakan, hijrah ini juga berarti berpindahnya dari kebatilan ke kebaikan. Di sini muncul istilah baru, contohnya pemuda hijrah, misalnya pemuda nakal lalu jadi baik. Awalnya enggak pernah ke mesjid, lalu berubah jadi rajin ke masjid,” jelas Ustadz Fauzan Amin saat dihubungi Okezone, melalui sambungan telepon baru-baru ini.

Menelisik fenomena hijrah yang tengah begitu ramai dilakoni para generasi muda. Apakah sebetulnya memang yang namanya hijrah itu gampang untuk dilakukan? Well, Ustadz Fauzan menyebutkan sebetulnya hijrah ini susah-susah gampang. Akan jadi lebih mudah jika memang bersamaan dengan hidayah yang datang dari Allah SWT.