Amien Rais: Presiden SBY Lebih Utamakan Kepentingan Asing

Mantan Ketua MPR Amien Rais menilai, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat ini lebih mengutamakan kepentingan asing daripada kepentigan bangsa sendiri.

Amien menambahkan, banyak persoalan di negeri ini yang tak bisa ditangani presiden, sebab presiden lebih mengutamakan kepentingan bisnis asing ketimbang kemandirian bangsa. Ironisnya, Yudhoyono terlalu takut pada Amerika Serikat.

“Sebenarnya kekuatan AS itu tidak perlu ditakuti. Kita bisa bersikap tegas seperti Eva Morales atau Mahatir dan pemimpin Amerika Latin lainnya. Digdaya AS harus disiasati bukan ditakuti,” kata Amien saat membahas buku karya anggota DPR dari FPDIP, Sumaryoto berjudul “Potret Satu Tahun SBY-JK” di Hotel Sangrila Jakarta, Kamis (20/7) malam.

Menurutnya, hal inilah masalah utama bangsa ini, tidak bisa mandiri dan sumber alam serta kekayaan lainnya bisa dikeruk asing. Celakanya lagi, SBY masih menebar citra dan pesona dirinya.

“Jika diamati, yang dilaukan presiden justru bukan memenuhi janjinya dan berusaha melakukan perubahan, tapi terus membangun citra dan usaha agar bisa tampil dan terpilih kembali pada pemilihan presiden 2009. Sungguh aneh,” kritik dia.

Langkah demikian, sambungnya, membuat arah kinerja pemerintahan saat ini jauh dari harapan, apalagi jika dibandingkan janji-janji kampanye presiden. Akibatnya kesengsaraan rakyat terus berkepanjangan. (dina)