Amien Rais: Tiga Ciri Otoriter Dalam Kekuasaan Jokowi

Otoriterisme Jokowi yang ketiga, menurut Amien, adalah maraknya korupsi. Dia menyoroti kasus korupsi Meikarta hingga dugaan penyelewengan dana dalam proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

“Ketiga, ciri otoriter di dalam pemerintah itu melakukan korupsi berskala mega. Jadi bahwa ada korelasi positif akar kekuasaan dengan tingkat korupsi. Makin tinggi kekuasaan makin menjulang korupsi. Di mana pun juga korupsi terbesar pasti ada di Istana dan sekitarnya. Sehingga saya katakan dengan berani, nanti kalau ada pergantian presiden saya kira mafia dalam kekuasaan harus kita angkat ke permukaan,” ujar Amien.

Tak hanya itu, Amien juga melihat Jokowi tak berani melawan mafia, dari mafia pangan hingga hukum. Amien juga menuding ada persekongkolan mafia global.

“Dulu Pak SBY pernah membuat satgas mengatasi mafia hukum dengan MK, MA, polisi, dan semua kejaksaan, tapi dua tahun dibubarkan karena mafia lebih kuat. Zaman Pak Jokowi ini lebih ampuh mafianya karena sudah kerja sama dengan mafia global,” ujar Amien.
(dtk)