Air Zamzam Gratis Bagi Jamaah Haji Terus Diupayakan

Jamaah haji debarkasi Jakarta akandiupayakan agar mendapat air zamzam gratis, yang rencananya akan dibagi-bagikan oleh Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta atau di Asrama Haji Pondok Gede (AHPG).

"Dalam rapat terakhir, diumumkan bahwa air zamzam gratis masih akan diupayakan untuk diterima oleh jamaah haji, " kata Ketua I Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Jakart, Rusly Wolman di Jakarta.

Namun, menurut Rusly, tempatnya juga masih belum ditentukan secara pasti apakah saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta atau setelah sampai di AHPG.

Ia memaparkan, alasan dari tidak lagi diberikannya air zamzam dalam jumlah besar kepada jamaah haji di Tanah Suci adalah karena terdapat larangan dari pemerintah Arab Saudi. "Arab Saudi khawatir air zamzam akan menjadi komoditas yang dikomersialisasikan, "ujarnya.

Rusly mengatakan, perusahan penerbangan sendiri telah membantu jamaah di Tanah Suci yang ingin mendapat air zamzam dengan menyediakan jerigen berisi lima liter.

Sebelumnya, Kementerian Haji Arab Saudi memutuskan untuk mengeluarkan kebijakan yang menghentikan distribusi air zamzam dalam jumlah besar kepada siapa pun. Padahal, pada penyelenggaraan haji tahun-tahun sebelumnya maskapai Arab Saudi sendiri juga membagi-bagikan air zamzam gratis sebagai oleh-oleh bagi jamaah dari berbagai negara muslim.

"Kita harus menurut karena mereka (pemerintah Arab Saudi) memiliki otoritas penuh, "tegas Ketua Daerah Kerja (Daker) Makkah, Cepi Supriatna.

Kementerian Haji Arab Saudi, yang merasa khawatir air zamzam akan diperjualbelikan, mengeluarkan kebijakan penghentian tersebut tanpa adanya pemberitahuan dan sosialisasi yang intensif terlebih dahulu. Akibat maskapai penerbangan tak menyediakan air zamzam secara gratis, maka sejumlah jamaah diberitakan harus mencari sendiri ke Masjidil Haram di Makkah.(novel/mch)