AHY Menyatakan Status Demokrasi Saat Ini Alami Kemunduran: Akibat Politik Uang dan Politik Identitas

eramuslim.com – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mengatakan bahwa demokrasi di Indonesia saat ini semakin mengalami kemunduran.

Anak sulung Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono itu menyebut, kemunduran ini terlihat jelas ketika politik identitas semakin subur.

“Berbagai kemunduran terjadi akibat merajalelanya politik uang, yang kedua akibat tereksploitasinya politik identitas,” kata AHY dalam keterangannya yang dikutip fajar.co.id, Jumat (3/3/2023).

Dia pun menyimpulkan bahwa politik identitas sengaja dimainkan oleh oligarki, terlebih menjelang Pemilu 2024 mendatang.

“Dieksploitasinya politik identitas oleh mereka yang punya kekuasaan, yang punya kekuatan termasuk,” ujarnya.

AHY pun menegaskan, apa yang disampaikannya ini bukan semata karena Partai Demokrat yang sedang menjadi pihak oposisi.

“Terjadi kemunduran demokrasi di Indonesia. Ini bukan observasi kacangan atau hanya komentar sebagai partai oposisi, walaupun kami punya hak untuk melakukan observasi juga, dan penilaian sekaligus feedback secara konstitusional,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, AHY juga mengemukakan, kemunduran demokrasi di Indonesia saat ini turut menjadi sorotan dunia internasional.

“Tetapi ini juga menjadi observasi kalangan internasional. Kita juga tidak harus mengatakan apa yang mereka sampaikan itu adalah selalu benar, tidak juga harus begitu. Tetapi, apa iya sebagai warga dunia kita tidak mendengarkan pandangan dan feedback dari sejumlah negara?” tandasnya.

 

Sumber: [Fajar]