Ada Serbuan Ikan Aligator Amerika di Sungai Jogya, Kok Bisa?

Ikan aligator termasuk ikan yang rakus, karena tingkat pendewasaan saluran pencernaannya sangat cepat. Sehingga ketika sudah tidak bergantung pada kuning telurnya, dia akan menghabiskan banyak makanan. Karena itu kemudian banyak pemelihara ikan aligator yang tidak kuat memberi makan sehingga dilepaskan ke alam liar.

“Karena tidak bisa diberi pakan pelet, makanannya itu daging seperti ikan-ikan kecil,” ujarnya.

Kemungkinan lain bisa juga ikan tersebut lepas ketika pemelihara sedang membersihkan akuariumnya.

Jadi Ancaman Serius

Sungai di Jogja dalam Serangan Ikan Aligator dari Benua Amerika (1)
Ikan aligator (Atractosteus spatula). Foto: Wikimedia Commons

Ada beberapa alasan kenapa ikan aligator ini menjadi ancaman serius untuk ekosistem perairan lokal. Pertama karena ikan aligator ini merupakan salah satu predator puncak di ekosistem air. Selain itu, ikan ini juga memiliki karakter oportunistik, dia akan memakan apa saja yang ada di sekitarnya dari udang, algae, kepiting, sampai ikan-ikan lain yang lebih kecil.

“Jadi pasti jelas akan mengalahkan ikan-ikan lokal, apalagi ikan-ikan yang memiliki pakan spesifik,” ujar Donan.

Proses perkembangbiakannya juga sangat cepat, sehingga dalam waktu singkat dia bisa menguasai sebuah perairan. Satu induk betina saja dalam setahun bisa menghasilkan 400 ribu telur. Jika setengahnya saja yang menetas dan tumbuh menjadi dewasa, maka ada 200 ribu ikan aligator dewasa di sebuah perairan hanya dari satu indukan betina dewasa.